1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    16 Desember 2015 10:40

    Begini Cara Bebas Kanker Usus Besar dari Pakarnya

    Cobalah canangkan perilaku CERDIK dalam hidup Anda? Inilah pemaparannya.

    Feed- Penyakit kanker masih menjadi momok menakutkan bagi seluruh masyarakat. Salah satunya adalah kanker usus besar yang merupakan jenis kanker ketiga yang menyebabkan kematian.

    Dr. Benny Phillipi, SpPD-KBD, Digestive Surgeon RS Khusus Kanker MRCCC Siloam Semanggi mengatakan bahwa kanker usus besar ialah kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum. Kedua bagian tersebut merupakan bagian dari sistem pencernaan yang memproses makanan yang kita makan dan membuang sisa makan dari tubuh.

    "Kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum memiliki masa perkembangan yang lambat dari tahun ke tahun. Diawali dengan timbulnya jaringan atau tumor yang berjenis polip non-jinak," ungkap dr.Benny saat dijumpai di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

    via www.cancer-treatment-madurai.co

    Agar Anda terhindar dari penyakit mematikan ini, cobalah canangkan perilaku CERDIK. Seperti yang dijelaskan dr. Esti Widiastuti, MScPH, Kasi Bimbingan dan Evaluasi Subdit P. kanker Dit PPTM, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyah asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress. "CERDIK menjauhkan diri Anda dari faktor risiko kanker usus besar," ungkap dr.Esti

    Selain itu, Anda harus memerhatikan riwayat hidup kesehatan keluarga. Apabila keluarga Anda memiliki riwayat polip dan kanker usus besar, maka segeralah berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih cepat. Namun, jika Anda sudah terserang penyakit kanker usus besar, sebaiknya Anda melakukan pengobatan pembedahan/operasi tindakan yang paling umum dilakukan dengan membuang sel-sel kanker dari usus besar atau rektum.

    via www.cancer-info-guide.com

    Dr. Benny mengatakan, kemoterapi dapat menghancurkan sel kanker dengan cara merusak kemampuan sel kanker untuk berkembang biak. Pada beberapa kasus, kemoterapi diperlukan untuk memastikan kanker telah hilang dan tidak akan muncul lagi. "Kemoterapi menjadi salah satu pengobatan yang sangat dianjurkan sebab kemoterapi dapat memastikan kanker telah hilang dan tidak akan muncul lagi," tutup dr.Benny. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Cara Mudah Deteksi Gejala Kanker Usus Besar

    Gejala Awal Kanker Bisa Muncul dari Kulit Anda, Ini Pertandanya

    Ternyata Obat kanker Sudah Ada di Sekitar Kita Sejak Tahun 1923

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES