1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    15 Desember 2015 09:01

    Ini Dia Pasta Gigi yang Tepat untuk Pengguna Kawat Gigi

    Jangan pilih pasta atau sikat gigi sembarangan.

    Feed - Keadaan gigi berantakan, terlalu maju ke depan, renggang, serta gingsul adalah masalah gigi yang disebut dengan malokusi. Keadaan ini membuat sebagian orang menjadi kurang percaya diri.

    Menggunakan kawat gigi atau yang akrab disebut behel adalah jawaban dari semua permasalahan tersebut. Namun, penggunaan behel ini memiliki efek tertentu seperti nyeri pada seluruh gigi Anda.

    "Pada dasarnya, kawat gigi digunakan untuk memperbaiki susunan gigi dan estetika wajah. Penggunaanya pasti menimbulkan efek nyeri akibat adanya gaya yang memberi tekanan pada gigi," ujar Drg. Dwi Anie Lestari, Sp.Ort, pengurus Ikatan Ortodontis Indonesia (IKORTI) Komda Jaya, ketika di jumpai di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

    via dentalogy.net

    Oleh karenanya, Anda harus mengetahui perawatan gigi yang pas agar tidak terjadi iritasi pada gusi, rasa nyeri, sariawan, timbul plak pada gigi, dan intensitas bau mulut yang meningkat. Selain pergi ke dokter gigi spesialis ortodonti, Anda harus memilih jenis sikat dan pasta gigi yang tepat untuk Anda pengguna behel.

    Penggunaan pasta gigi sebaiknya menggunakan bahan bisabolol serta sodium hyaluronate. Bahan bisabolol berfungsi mencegah radang gusi yang diciptakan dari pemakai behel. Sedangkan sodium hyaluronate dapat membentuk matriks yang mendorong regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan luka.

    Pata gigi itu juga pernting mengandung bahan flouride untuk mencegah gigi berlubang. Dan, yang terpenting baham semi-liquid untuk memudahkan penyebaran pasta gigi ke sela-sela kawat gigi sehingga mudah dibersihkan dan tidak merusak behel.

    "Pengguna behel yang perlu diperhatikan adalah kebersihan giginya. Proses pembersihan gigi yang kurang maksimal berpotensi menimbulkan white spot yang menyebabkan karies atau gigi berlubang," ungkapnya.

    via ottawadowntowndentist.ca

    Selain pasta gigi, sikat gigi berperan penting dalam membersihkan seluruh bagian gigi. Sikat gigi berbulu V-Cut yang ekstra halus dapat membantu membersihkan area antara gigi dan behel secara menyeluruh. Sedangkan, kepala sikat yang kecil dapat memudahkan gerakan menyikat sehingga menjadi lebih leluasa di dalam mulut dan menjangkau gigi belakang.

    "Akibat pemasangan behel, keadaan rongga mulut menjadi lebih penuh yang menyebabkan para pengguna behel sulit membersihkan gigi dan rongga mulutnya. Oleh sebab itu, bulu sikat V-Cut dan kepala sikat yang kecil dapat membantu membersihkan gigi secara maksimal dan nyaman tentunya," ujar Danny Tanurahardja, seorang praktisi sikat gigi. (Anisha Saktian)

    Baca juga:

    Trik Merawat Gigi Berkawat agar Tetap Sehat

    Ini yang Bakal Terjadi Jika Anda Malas Gosok Gigi

    Makna Kode Warna di Kemasan Pasta Gigi Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES