1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    15 Desember 2015 15:16

    Mengapa Perut Kita Berbunyi Saat Lapar?

    Profesor ahli pencernaan akan menjawab rasa penasaran kita tentang apa penyebab perut berbunyi.

    Feed – Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa saat kita lapar perut kita berbunyi seperti bergemuruh? Professor ahli pencernaan dan klinis kedokteran di NYU Langone Medical Center, Lisa Ganjhu, akan menjawab rasa penasaran kita tentang apa penyebab perut berbunyi. Berikut penjelasan selengkapnya.

    via mashable.com

    Mengapa perut Anda bergemuruh?

    "Saluran pencernaan kita adalah tabung otot yang sangat panjang. Dimulai dari mulut dan turun ke bokong. Perut kita terus bergerak untuk membersihkan dan bergerak melalui cairan apapun," ungkap Lisa Ganjhu dikutip dari thrillist.com.

    Mengapa terkadang suaranya gemuruhnya begitu keras?

    Menurut Lisa, pada dasarnya apa yang kita dengar adalah udara yang bergerak di sekitar perut ketika kosong. Saat perut kosong, tidak ada zat yang menyerap suara tersebut. Sedangkan saat perut terisi, suara tersebut cenderung diserap oleh makanan yang melewati usus.

    "Jadi suara gemuruh yang Anda dengar artinya perut kita sedang menunggu untuk menempatkan makanan di dalamnya. Dan, terdengar lebih keras karena tidak ada makanan untuk diserap,” lanjut Lisa.

    via gizmodo.com

    Jika perut kita bergemuruh dengan keras, artinya kita benar-benar lapar?

    Suara gemuruh akan lebih keras ketika tidak ada yang meredam suara, namun itu tidak menandakan kita benar-benar lapar. Lisa menambahkan, pada dasarnya perut kita selalu berbunyi, tetapi hanya terdengar saat perut tidak memiliki makanan yang diserap, bahkan ketika Anda belum merasa lapar. Suara gemuruh tersebut juga seolah menjadi isyarat alami bahwa tubuh kita membutuhkan makanan. (Anisha Saktian)

    Baca juga:

    Tips Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi

    5 Tipe Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

    Mengapa Perut Buncit Anda Tidak Mau Pergi?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES