1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    13 November 2015 10:24

    5 Makanan Pelancar Buang Air Besar

    Pilih makanan tepat agar buang air besar lancar dan pencernaan pun sehat.

    Feed- Buang air besar yang sehat biasanya terjadi dalam waktu yang teratur. Seperti setiap pagi atau setiap malam. Namun, masih banyak orang yang kesulitan buang air besar yang menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas.

    Dokter Molly Morgan, RD CDN CSSD, seorang penulis sekaligus ahli kesehatan pencernaan, mengungkapkan jika kemungkinan besar penyebab susahnya seseorang untuk buang air besar teratur adalah kurangnya konsumsi serat. Maka itu disarankan mengonsumsi makanan berikut untuk melancarkan dan membuat sistem pencernaan lebih sehat. Simak ulasannya yang dikutip prevention.com.

    1. Raspberry

    Buah merah ini kaya akan serat, dengan delapan gram per cangkir dicampur stroberi akan mendapatkan manfaat yang lebih. "Serat membantu makanan bergerak dengan lancar melalui sistem pencernaan, ditambah bakteri baik dalam usus untuk pencernaan yang optimal," kata Erica Sonnenburg, PhD, ilmuwan riset senior di Departemen Mikrobiologi dan Imunologi di Stanford University School of Medicine dan penulis The Good Gut. Anda bisa menambahkan raspberry di oatmeal untuk sarapan, minum yogurt raspberry, dan smoothie raspberry yang lezat.

    2. Jeruk


    Jeruk dengan rasa yang manis dan aromanya yang harum menjadi salah satu buah favorit. Selain harum, buah ini menyimpan kebaikan yang kaya akan vitamin C serta sangat baik untuk melancarkan buang air besar.

    3. Air Putih

    Siapa yang tak mengetahui manfaat dari air putih. Minuman ini baik untuk melancarkan buang air besar. Oleh karena itu, disarankan untuk minum air putih cukup setiap harinya paling tidak delapan gelas perhari. Morgan mengatakan jika seseorang kekurangan konsumsi air putih, akan mengalami sembelit. Untuk mencegahnya, usahakan untuk minum air cukup setiap hari.

    4. Kacang almond


    Jika Ada ingin proses buang air lancar, jangan lupa mengonsumsi kacang almond. Morgan mengungkapkan jika konsumsi kacang almond satu ons setiap hari akan membuat Anda lebih mudah untuk buang air besar dan sistem pencernaan Anda juga akan lebih sehat.

    5. Sayuran hijau

    Sayuran memiliki serat yang baik agar membuat sistem pencernaan lancar dan buang air besar lebih teratur. Dengan konsumsi makanan hijau setiap hari dalam porsi yang pas, dipastikan Anda akan lebih sehat serta buang air besar lebih teratur. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Trik Mudah Menghilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah

    Daftar Nama Sayur dan Masa Kadaluarsa Penyimpanannya

    12 Sayuran dan Buah Paling Banyak Mengandung Pestisida (II)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES