1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    12 November 2015 16:22

    Cara Jitu Agar Anda Disayang Anak

    Ungkapan cinta kasih bisa menguatkan ikatan batin antara Anda dengan dia. Ayo mulailah beri contoh padanya!

    Feed - Banyak orangtua di Indonesia tidak terbiasa mengatakan sayang atau cinta. Hal ini yang membuat banyak anak di Tanah Air, terutama yang sudah beranjak remaja, enggan mengatakan secara langsung sayang dan cinta kepada orang tua terutama ibu. Seperti, 'aku sayang Mama' atau 'Terima kasih, Mama'.

    Beranjak dewasa, kebanyakan dari kita mengungkapkan rasa sayang kepada ibu dengan mengajaknya pergi berbelanja atau membelikan barang yang ia sukai. Padahal, tahukah Anda, cara paling sederhana membuatnya bahagia adalah dengan mengucap kata sayang padanya?

    via www.5minutesformom.com

    Demikian diungkapkan Ratih Ibrahim, psikolog Joy Parenting, saat ditemui dalam acara bertajuk 'Ajak Indonesia Untuk Ungkapkan Cinta, Sayang, dan Terima Kasih Kepada Ibu' di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 12 November 2015. Ia menyarankan agar orangtua mulai membiasakan mengucap kata sayang dan cinta kepada anak. Dengan demikian si anak dapat meniru kebiasaan tersebut.

    "Seringlah mengucapkan kata sayang, mulailah dengan mengusap tangan atau mendekati anak lalu ucapkan kata sayang padanya," tambah Ratih.

    Terdapat tiga alasan munculnya ekspresi cinta dan kasih sayang dalam keluarga yang bisa terungkap. "Yaitu momentum, situasional, dan karakteristik. Ketiga unsur tersebut dapat menciptakan dorongan emosional yang kuat, di mana kenangan intim bersama keluarga kembali muncul sehingga sang anak merasakan kembali pentingnya peran orangtua dalam kehidupan mereka," ungkap Ratih lagi.

    via brookegiannetti.typepad.com

    Ratih menjelaskan bahwa diperlukan momentum kuat untuk menggali memori cinta kasih sehingga menciptakan moment of truth. Yakni perasaan cinta yang kembali muncul dari anak terhadap sang ibu. Biasanya, moment of truth terjadi ketika sang anak menyadari ibunya yang mulai menua sehingga timbul keinginan untuk membahagiakan ibu.

    "Semakin saya tumbuh dewasa, semakin mengingat kenangan bersama ibu. Ternyata mengatakan 'i love you' kepada orangtua penting sekali untuk membuat ibu bahagia," ujar seleb cantik, Jullie Estelle. "Biasanya saya mengatakan sayang lewat telepon atau langsung bertemu," tambah gadis blasteran yang populer dari film 'Kuntilanak' itu.

    Membiasakan anak untuk mengucapkan sayang atau cinta kepada orangtua bisa menciptakan kehangatan dan kedekatan hubungan antar-keluarga. Selain itu, kata kasih sayang bisa mencairkan suasana ketegangan di dalam rumah. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    6 Pertanda Saatnya Anak Pisah Kasur dari Anda

    6 Tips Memilih Pengasuh Anak

    Begini Ciri Anak yang Terkena Pneumonia

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES