1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    20 Januari 2016 12:10

    Manfaat Cengkih Bila Dikonsumsi Setiap Hari

    Beberapa penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi cengkih.

    Feed.merdeka.com - Siapa yang tak kenal cengkih? Rempah asli Indonesia ini dikenal dengan rasa manis, hangat, dan aromatik. Umumnya masyarakat Indonesia akan menggunakan cengkih untuk memasak agar meningkatkan cita rasanya. Rempah asal Maluku Utara tersebut kaya dengan anti-oksidan, vitamin c, kalsium, asam lemak omega3, serat makanan, dan magnesium.

    Mengutip dari simple-remedies.com, banyak sekali manfaat yang diberikan cengkih, seperti kandungan eugenol dan fitonutisi yang baik bagi kesehatan Anda. Kandungan tersebut baik untuk melindungi tubuh terhadap proses oksidasi, mencegah penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, denegerasi makula, radang sendi, dan alzaimer.

    Cengkih juga mengandung zat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu cengkih bekerja sebagai anestesi ringan, memurnikan darah, dan melancarkan saluran pencernaan dan kesehatan usus. Selain manfaat tersebut, beberapa penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi cengkih.

    1. Menyembuhkan perut kembung, gangguan pencernaan, mual, dan buang-buang air.

    2. Membantu meredakan gejala iritasi pada lambung, muntah, dan diare.

    3. Mengurangi rasa sakit pada sakit gigi dan sakit gusi, juga dapat menjaga kesehatan gigi.

    4. Meringankan gejala radang sendi dan rematik.

    5. Membantu meringkkankan penyakit pernapasan, seperti asma, batuk, pilek, sinusitis, dan bronkitis.

    Untuk memilih cengkih yang baik disarankan agar Anda membeli cengkih dengan bentuk yang masih utuh daripada yang bubuk. Cengkih dengan kualitas baik akan mengapung jika dicampur dengan air, tapi cengkih dengan kualitas buruk akan tenggelam.

    Simpanlah rempah ini dalam wadah yang tertutup, simpan di tempat yang sejuk, kering, dan jauh dari jangkauan sinar matahari. Menyimpan toples cengkih pada kulkas juga akan membuatnya lebih awet.

    Baca juga:

    Dahsyatnya Manfaat Menaruh Baking Soda di Bawah Mata

    Manfaat Ajaib Minum Air Campur Madu Setiap Hari

    Jangan Jijik Dulu, Tapi Inilah Manfaat Makan Kulit Pisang

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES