1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    21 Oktober 2015 15:30

    Jenis-jenis Perawatan Kulit, Kenali Mana yang Cocok untuk Anda

    Salah perawatan akan menyebabkan kulit berjerawat, merah, dan iritasi.

    Feed- Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan perawatan ekstra kulit karena langsung terpapar matahari. Perawatan kulit harus dilakukan secara cermat sehingga hasil yang didapatkan maksimal, bukan memperparah atau merusak. Jika tidak bisa melakukan perawatan wajah di rumah sebaiknya Anda mengkonsultasikan diri dengan dokter spesialis kulit.

    (Baca juga: Wanita, Make Up yang Anda Terapkan Bisa Mencermikan Kepribadian Anda)

    "Tidak ada satu obat yang cocok untuk semua orang atau satu penyakit. Oleh karena itu, jika tidak cocok menggunakan produk wajah tertentu akan terjadi iritasi," kata Dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK, saat ditemui di acara seminar bertajuk 'Jangan sembarangan, Cermatlah dalam merawat kulit,' di bilangan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu, 21 Oktober 2015.

    Paparan sinar matahari menyebabkan penuaan dini, kerusakan DNA, dan kanker kulit. Sementara polusi yang semakin tinggi saat ini akan meningkatkan radikal bebas dan memicu pemakaian kosmetik dekoratif. "Saya harap jika anda memakai kosmetik, Anda harus teliti memperhatikan (tanggal) kadaluarsa," tambah Dr. Adhimukti.

    (Baca juga: Percaya Atau Tidak, Kosmetik Wanita Mengandung Zat Menjijikkan Berikut)

    Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan dalam merawat kulit agar tetap terjaga kelembapannya. Cocokkan dengan kegiatan dan jenis kulit Anda agar bisa menghasilkan kulit cantik yang maksimal.

    1. Perawatan individualized therapy

    via www.alilyofgoldspa.com

    Perawatan jenis ini cocok untuk dilakukan oleh wanita yang aktif di luar ruangan.

    2. Penerapan skin rejuvenation

    via road2beauty.com

    Microdermabration adalah perawatan yang mengangkat sel kulit mati. Syaratnya tergantung tipe kulit seseorang. Kegunaanya memperhalus kulit, stimulasi kolagen, membersihkan bekas jerawat, flek hitam, cocok untuk Anda yang sering memakai make up setiap hari.

    3. Chemical peeling

    via www.luxe-laser.com

    Chemical peeling adalah metode perawatan skin peeling (pengelupasan kulit) dengan menggunakan bahan kimia yang dioleskan kepada wajah. Prosesnya adalah pengangkatan kulit mati yang terdapat pada lapisan tanduk, sehingga lapisan yang berada di bawahnya yaitu lapisan stratum lucidum, terlihat keluar dikarenakan lapisan tersebut lebih bening.

    (Baca juga: Supernya Make-up, Mengubah Wajah Biasa Menjadi Cantik Luar Biasa)

    Perawatan ini sangat cocok bagi orang yang berwarna kulit lebih gelap dan tidak mempunyai masalah dengan jerawat. Perawatan ini sangat cepat terlihat hasilnya pada kulit wajah. Jika perawatan di bawah umur harus dengan persetujuan orangtua.

    4. Exfoliation

    via makeupandbeauty.com

    Exfoliation atau pengelupasan kulit merupakan salah satu tahap perawatan yang penting untuk mendapatkan kulit wajah mulus dan awet muda. Tujuan dari proses pengelupasan sel kulit mati ini adalah memberikan tempat bagi lapisan kulit baru untuk muncul ke permukaan. Exfoliation juga berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan asupan nutrisi ke kulit wajah. Cara ini dapat dilakukan di rumah namun jangan setiap hari.

    (Baca juga: Kesalahan Make-Up yang Buat Wajah Cepat Tua)

    Salah satu tahap terpenting dalam melakukan exfoliation adalah mengenali jenis kulit. Masing-masing jenis kulit memiliki kebutuhan berbeda baik dari jenis exfoliator maupun frekuensi exfoliation. Kulit normal umumnya hanya perlu di-exfoliate satu hingga dua kali seminggu.

    Jika kulit Anda kering dan sensitif, cukup lakukan sekali seminggu untuk menghindari iritasi. Sebaliknya jika kulit cenderung berminyak, Anda dapat menggunakan exfoliator yang lebih kuat atau melakukannya tiga kali seminggu. Jangan lupa gunakan cleanser untuk membersihkan wajah dari make up. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya).

    Baca juga:

    Wajah Polos Seleb Tanpa Make-Up, Cantik Tidak?

    5 Alasan Mengapa Pepaya Adalah Sahabat Terbaik Kulit Wanita

    Luar Biasanya Kunyit, Pembersih Kulit Hingga Gigi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES