1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    6 Januari 2016 13:15

    Nyemil Malam Hari Ternyata Membuat Cepat Pikun

    Masih tidak mau berhenti nyemil?

    Feed.merdeka.com - Semua orang tahu bahwa semangkuk es krim atau sekantong keripik sebelum tidur memang nikmat. Meski semua tahu apa dampak kesehatan yang ditimbulkannya, kebiasaan ini terkadang terus dilakukan manusia.

    Namun tahukah Anda bahwa kudapan tengah malam ini memiliki efek yang lebih buruk daripada apa yang Anda kira? Nyemil saat larut malam ternyata terkait dengan memori otak yang lemah, demikian bunyi sebuah studi yang dilansir dari Bustle.com. Efek buruk dari makan saat larut malam tidak hanya berkaitan dengan fakta bahwa orang cenderung makan karena bosan. Tapi juga mereka membuat pilihan makanan yang buruk yang berdampak negatif pada kesehatan.

    Para peneliti dari sekolah kedokteran UCLA, Amerika Serikat, melakukan percobaan terkait dengan makanan ringan yang memiliki dampak buruk saat disantap larut malam. Penelitian ini menggunakan tikus yang diberi makan siang hari secara normal dan saat malam hari. Ternyata peneliti menemukan bahwa tikus yang makan saat larut malam mengalami memori jangka pendek dan jangka panjang yang lebih buruk.

    Saluran saraf yang perlu diperkuat dalam otak untuk menyimpan kenangan efektif malah jadi tidak diaktifkan dengan kuat. Para peneliti juga melihat kekurangan dalam memori dan protein penyakit pelindung Alzheimer pada tikus yang makan di larut malam. 

    Selain mengurangi memori, makan di malam hari juga mengurangi ritme tidur yang baik. Tidur mereka menjadi terfragmentasi dan tidak lelap.

    Meskipun hasil ini belum direplikasi pada manusia, hal ini pertanda saatnya menghentikan camilan sebelum tidur. Untuk anak-anak disarankan makan paling lambat pukul 08.00 malam. Untuk orang dewasa disarankan paling lambat nyemil sebelum pukul 10 malam.

    Baca juga:

    Pilihan Camilan Mencerminkan Kondisi Tubuh Seseorang

    Camilan Termahal, Seharga Ferrari Testarossa

    4 Aktivitas Ringan Pencegah Pikun

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES