1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    4 Januari 2016 14:45

    Begini Cara Membersihkan Kuas Make-up dengan Benar

    Dengan rajin membersihkan kuas makeup, akan membuatnya lebih bertahan lama dan terasa baru.

    Feed.merdeka.com - Pastilah tidak jarang Anda lupa untuk membersihkan kuas makeup setelah memakainya. Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut karena kuas akan menjadi kotor dan menjadi sarang bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

    Dengan rajin membersihkan kuas makeup, akan membuatnya lebih bertahan lama dan terasa baru. Setidaknya cucilah kuas Anda seminggu sekali, seperti yang dilansir dari tutorial.top10inaction.com berikut ini panduan yang benar untuk mencuci kuas makeup Anda.

    1. Cuci kuas dengan air hangat
    Cucilah kuas Anda di bawah keran atau selang karena tekanan dari air akan membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kuas. Jika gagang kuas Anda terbuat dari bahan alami seperti bambu, pastikan untuk tidak mengenai bagian tersebut karena dapat melepaskan lem dan membuat bulu kuas copot. Pastikan untuk menggunakan air hangat karena jika menggunakan air panas akan membuat bulu kuas rapuh dan rusak.

    2. Gunakan sedikit sampo bayi
    Setelah dicuci menggunakan air, tuangkan sedikit sampo bayi pada kuas makeup. Gosok dengan lembut untuk membuat busa dan pastikan busa tersebut menutupi seluruh bulu kuas. Atau Anda bisa mencapurkan seperempat air hangat dengan satu sendok teh sampo bayi kemudian aduk hingga berbusa. Setelah itu Anda bisa mencelupkan kuas Anda sambil digoyang-goyang.

    3. Bilas hingga bersih
    Pastikan semua busa dari sampo hilang saat membilas kuas makeup Anda. Pastikan bagian dalam kuas Anda terkena air. Untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan tangan Anda untuk menampung air dan meremas dengan lembut pada bulu kuasnya.

    4. Keringkan dengan handuk
    Taruh kuas pada handuk kering agar dapat menyerap air yang keluar dari kuas, kemudian tekan dengan lembut bulu kuas dengan handuk. Pastikan tidak menekan terlalu kuat karena akan merusak kuas. Anda juga dapat menggangin-anginkan kuas di udara agar cepat kering.

    5. Kuas kecil
    Anda harus ekstra hati-hati saat mencuci kuas-kuas yang kecil. Jangan memberikan sampo terlalu banyak dan air dari keran yang terlalu deras. Anda juga bisa mencucinya dalam campuran sampo, cukup diputar-putar sebentar lalu bilas.

    Tekan dengan lembut untuk membantu busa dari sampo cepat hilang, kemudian keringkan dengan handuk. Setelah kering pasti bulu kuas akan rapat, Anda bisa menyapu-nyapukan pada tangan Anda agar kuas mengembang seperti semula.

    Baca juga:

    Tren Makeup Mineral, Minat Mencoba?

    Kesalahan Make-Up yang Buat Wajah Cepat Tua

    Wajah Polos Seleb Tanpa Make-Up, Cantik Tidak?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES