1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    4 Desember 2014 12:05

    Mistis, Misteri Adat dan Keindahan Pulau Ambon

    Pesisir pantai penuh cerita, wisata bahari banyak pesona dan Kota Ambon yang menarik perhatian.

    Feed - Pulau Ambon sebagai salah satu daerah provinsi Maluku menyimpan banyak cerita. Dari segi budaya hingga alamnya yang indah. Meski saat ini kehidupan modern sudah tidak asing lagi di Ambon, adat-istiadat masih kental di beberapa daerah yang sejatinya menarik untuk didatangi wisatawan.

    Tak sembarang orang dapat menginjakkan kaki atau bermain di seluruh pesisir pantai di Ambon. Salah satu daerah yang masih mempercayai adat itu yakni di Desa Halong. Halong merupakan daerah pesisir pantai di Kecamatan Teluk Ambon.

    "Ya, di Halong masih kuat adatnya. Kalau bukan penduduk asli atau pendatang dilarang mandi di pantai. Semua harus seizin Raja. Raja itu Kepala Desa Halong," kata Julius, 40, salah satu warga Halong saat ditemui Feed.id di Ambon, Maluku. 

    Keindahan alam Ambon memang tidak hanya di Halong saja. Tapi sayang, satu daerah harus dilewatkan karena ritual tertentu.

    "Memang benar cerita mistisnya di Halong masih ada. Beberapa waktu lalu ada seorang tentara yang menganggap remeh adat Desa Halong. Tak lama kemudian anaknya yang datang untuk snorkling di perairan Halong hilang. Tim penyelamat sudah dikerahkan, namun tetap tidak ditemukan," jelasnya.

    Akhirnya, kata Julius, anak yang hilang itu baru ditemukan setelah adanya permintaan maaf dari sang ayah kepada Raja Halong dan dilakukannya upacara adat. Sayang, saat ditemukan tubuh anak itu sudah tak bernyawa.

    Bahkan, pembangunan Jembatan Merah Putih di sana juga mengalami kejanggalan. Tiang pancang jembatan selalu tenggelam tanpa sisa sama sekali ke dalam pasir.

    Perlu diketahui, mistisnya Desa halong ternyata bukan tanpa sebab. Desa atau Negeri Halong adalah Desa Adat terbesar dan tertua di Kota Ambon.

    Otonomi Desa Halong dipimpin langsung oleh 'Ibu Raja Negeri Halong'. Bicara keras, merokok, serta minum alkohol di daerah Halong dilarang keras karena bisa mengancam keselamatan jiwa, khususnya bagi pendatang.

    Tapi, anda jangan berkecil hati karena misteriusnya Desa Halong yang sebaiknya dihindari untuk berwisata. Masih banyak pantai di Ambon yang aman untuk dikunjungi dan sudah pasti panorama indah untuk alamnya.

    Dengan luas pulau hanya 46,914.03 kilometer persegi, Ambon tetap memiliki destinasi lebih dari 10 tempat wisata. Namun, yang wajib anda kunjungi ada beberapa diantaranya.

    Tulehu sumber air panas di pinggir pantai Dusun Air Panas Tulehu, Pantai Natsepa dengan panorama pasir putih serta jajanan rujak dan Pantai Ukurela tempat wisata yang masih jarang pengunjungya adalah tiga tempat pilihan menikmati Ambon. (Ism) 

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES