1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    17 November 2015 14:42

    Sambut Musim Penghujan, Ini 10 Makanan Penangkal Flu

    Musim hujan telah tiba, hati-hati terkena flu

    Feed - Musim hujan telah tiba. Pergantian musim dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, seperti batuk, pilek dan flu. Penyakit tersebut diakibatkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Batuk, pilek, dan flu sangat mudah menular melalui udara. Karenanya tubuh memerlukan sistem imun yang kuat untuk menghadangnya. Seperti dikutip dari shape.com, dengan memakan makanan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

    via: www.prosesdetox.com

    1. Nanas
    Mengonsumsi nanas setiap hari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Menurut penelitian yang dilakukan Philippine Women’s University School of Nutrition, memakan satu atau dua potong nanas sehari selama dua bulan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Nanas mengandung nutrisi yang meningkatkan produksi granusolit dalam tubuh. Granulosit merupakan jenis darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

    via: www.hungryforever.com

    2. Yogurt
    Yogurt mengandung banyak manfaat untuk sistem pencernaan, dan teman yang baik saat Anda mengalami radang di perut. Hasil dari Journal of family Korea Medicine menemukan bahwa probiotik dalam yogurt membantu mencegah pilek dan flu.

    via: nurhfatonah.wordpress.com

    3. Cabai rawit
    Ketika Anda mengalami gejala terserang  flu dan peningkatan suhu tubuh, cabai rawit yang mengandung capsaicin yang dapat melawan virus flu. Capsaicin juga berhubungan dengan pertolongan dari masalah sinus yang serius.

    via: rumahnugget.com

    4. Salmon dan tiram
    Dengan mengonsumsi salmon, tubuh mendapatkan peningkatan kekebalan sistem imun yang didapat dari omega-3, protein, dan kalsium. Gantilah menu masakan daging dengan salmon dengan cara dipanggang. Disarankan untuk mengonsumsi salmon dua sampai tiga kali seminggu selama musim flu.

    Tiram tidak hanya membantu memperbaiki mood anda. Selama musim flu, mengonsumsi tiram adalah hal yang baik untuk melawan virus flu. Kerang-kerangan memiliki kadar zinc yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membatu proses penyembuhan. 

    via: www.seputarfitness.com

    5. Bayam dan wortel
    Jika Anda tidak suka tiram, sayuran hijau bisa menjadi pilihan. Bayam mengandung zinc dan vitamin A yang terbukti meningkatkan kekebalan tubuh.

    Wortel mengandung beta-karoten yang membantu melawan infeksi dan vitamin A yang mengarur sistem kekebalan. 

    via: www.cavalierproduce.com

    6. Telur
    Telur sangat baik untuk membentengi tubuh terhadap serangan flu. Makanlah telur di pagi hari sebelum memulai kegiatan Anda. Telur mengandung protein, zat besi, dan vitamin A yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanlah tiga sampai empat kali seminggu.

    via: anakcerdasindo.blogspot.com

    7. Selai kacang
    Selai kacang mengandung vitamin E dan antioksidan yang mampu melawan flu. Oleskan selai kacang pada roti bakar dan pisang, atau dimakan secara langsung dapat meningkatkan kekebalan tubuh di musim dingin.

    via: ibudanmama.com

    8. Bunga kol
    Sayuran ini penuh dengan senyawa yang disebut glutathione yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meregenerasi sel. Glutathione merupakan zat yang memburu virus dan bakteri lalu membunuhnya. 

    via: hdwyn.com

    9. Teh dengan lemon
    Meminum teh hangat sering dilakukan saat perut merasa tidak enak. Tetapi penelitian menunjukkan dengan meminum teh dan beberapa irisan lemon dapat mencegah flu. 

    via: offclouds.com

    10. Sup ayam
    Tidak ada menu yang lengkap untuik melawan flu selain sup ayam. Penelitian di Jerman menemukan bahwa sup ayam memiliki senyawa yang disebut carsonine. Senyawa tersebut membantu melawan infeksi, meredakan gejala pernapasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

    Baca juga:

    Cegah Penyakit, 6 Makanan Lezat Ini Wajib Dihindari

    Obat Rumahan Pemulih Alergi Makanan

    Makanan Segar vs Makanan Dingin, Mana Lebih Sehat?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES