1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    5 Agustus 2015 12:12

    Ini yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Makan Mie Instan

    Setelah dua jam di dalam perut, mie instan....

    Feed - Mie instan merupakan makanan populer pengganti nasi ketika rasa lapar datang. Meski sudah banyak yang sadar ini bukan makanan sehat,  tak sedikit pula yang masih mengonsumsinya.

    Dr. Braden Kuo dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, telah melakukan percobaan dan mengungkap sebuah fakta mengejutkan dari apa yang terjadi di dalam perut dan saluran pencernaan setelah mengonsumsi mie instan. Melalui sebuah video berdurasi dua menit tiga detik, percobaan itu dilakukan menggunakan kamera sebesar pil yang dimasukan ke dalam perut manusia.

    Hasilnya mencengangkan, dalam video itu menunjukkan setelah dua jam mie instan berada dalam perut, kondisinya masih utuh dan tidak hancur. Berbanding terbalik dengan mie yang dibuat dengan olahan sendiri, mudah hancur dan dicerna oleh tubuh.

    via youtube.com

    via youtube.com

    Seperti dilansir healthyfoodteam.com, hal itu bisa terjadi karena mie instan sama sekali tidak mengandung serat. Mie instan memberi banyak beban pada sistem pencernaan yang membuatnya membutuhkan waktu lebih lama untuk menghancurkan makanan di dalam tubuh.

    Biasanya, makanan yang berada dalam perut di waktu yang cukup lama bisa memengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh. Tetapi, pada kasus ini, mie instan hanya sedikit kandungan nutrisinya, dan justru lebih banyak mengandung zat adiktif, bahkan senyawa beracun lainnya seperti Tersier Butil Hidroksi Quinolin (TBHQ) yang terserap oleh tubuh.

    Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa wanita yang sering mengonsumsi mie instan berisiko lebih tinggi untuk mengidap sindrom metabolik --kumpulan gangguan metabolik yang bisa berujung pada penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Simak video lengkapnya di sini.

    Baca juga:

    Bahaya Mie Instan Buat Ibu Hamil

    Cara Sehat Santap Mie Instan

    8 Fakta Mie Instan Tersohor di Indonesia

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES