1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    5 Mei 2015 14:54

    Ini Dia Kekuatan Super yang Dimiliki Manusia

    Mana yang Anda punya?

    Feed - Di dunia nyata rupanya ada beberapa orang yang benar-benar memiliki kekuatan super. Mereka memang tidak seperti superman atau spiderman yang bisa terbang atau merayap di dinding. Tapi, orang-orang ini punya kekuatan lewat indera perasa hingga daya ingat.

    Mereka bekerja melampaui kemampuan manusia normal.Beberapa kemampuan ini tidak umum dan mungkin memiliki implikasi bagi kesehatan.

    1. Mengingat wajah

    via neuronclub.org

    Sekitar 1 sampai 2 persen dari populasi manusia diyakini memiliki kemampuan untuk mengingat wajah dengan baik. Mereka dapat mengenali wajah orang-orang yang mereka temui walau hanya sebentar dan bisa mengingatnya dalam periode yang cukup lama.

    Normalnya, orang biasa hanya bisa mengelola ingatan sekitar 20 persen dari wajah manusia yang ditemui. Tapi orang dengan kemampuan yang dikenal “super recognisers” dapat mengelola ingatannya hingga 80 persen.

    Hal itu bisa terjadi karena orang berkemampuan super ini memiliki aktivitas lebih banyak di Fusiform Face Area (FFA) saat dihadapkan dengan wajah manusia lain. Namun, menurut Dr Josh Davis, dosen senior di bidang psikologi, di Greenwich University, si pemilik kekuatan super ini tidak pandai untuk mengingat hal lain. Daya ingatnya hanya terfokus pada wajah manusia.

    2. Pengecap Rasa

    via do512.com

    Rata-rata orang memiliki 10.000 pengenal rasa di lidah, yang memungkinkan mereka untuk bisa merasakan rasa manis, pahit, asam, asin, dan gurih. Namun, seseroang yang punya kemampuan penceap rasa super ini bisa mengenali rasa dua kali lebih banyak dari manusia normal.

    Menurut para ilmuwan, perempuan lebih mungkin untuk menjadi pengecap rasa yang super dibandingkan laki-laki. Ditambah lagi, seperti dikutip dailymail.co.uk, menurut ahli diet Valerie Duffy, dari University of Connecticut, memiliki kemampuan ini dapat membuat seseorang lebih sehat dan minim risiko terserang penyakit jantung.

    3. Pengenal Warna

    via keashie.deviantart.com

    Berkat variasi genetik, beberapa wanita memiliki kondisi yang disebut tetrachromacy, yang berarti mereka punya kemampuan melihat warna lebih banyak dan dapat mendeteksi perbedaan antara gradasi warna lebih baik daripada manusia lain.

    Beberapa wanita ini memiliki tipe sel ekstra pada mata yang membuat mereka bisa melihat secara detail nuansa warna yang sebagian besar dari kita tidak bisa mendeteksinya.

    4. Daya Ingat Super

    via dantri.com

    Scara normal, manusia akan kesulitan saat dipaksa untuk mengingat apa yang dilakukan satu minggu lalu ini minggu lalu atau lebih. Tetapi beberapa orang memiliki daya ingat secara total yang disebut hyperthymesia.

    Aurelien Hayman, seorang mahasiswa sastra Inggris di Universitas Durham, punya daya ingat super yang mampu mengingat secara detail hal yang pernah dilakukan, mulai dari percakapan, pakaian yang dikenakan, program TV, hingga lagu lagu yang didengar.

    Dari hasil scan otak yang dilakukan pada Aurelien Hayman menunjukkan bahwa ia menyimpan memori lebih banyak dari orang biasa.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES