1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    11 Agustus 2016 09:12

    Wanita, Lihat Tips Berikut Agar Tak Stres Kala Menjadi Ibu

    Ada cara mudah agar kepala Anda tak meledak lihat kekacauan di rumah.

    Feed.merdeka.com - Peran sebagai ibu memang memiliki tanggung jawab yang begitu besar di dalam keluarga. Semua tugas rumah dilakukan oleh seorang ibu, mulai dari membereskan rumah, memasak, mengasuh anak, bahkan ikut bekerja bersama ayah.

    Semua kewajiban ini dapat membuat seorang wanita menjadi tertekan dan stres. Bagaimana jika hal tersebut terjadi? Vera Itabiliana, psikolog klinis anak, memberikan solusi agar menjadi ibu tidak stres dan mengurangi tekanan kewajiban.

    "Cara yang mudah agar menjadi ibu stres ialah dengan menjadikan anak Anda sebagai patner atau rekan, mintalah bantuan ia melakukan pekerjaan rumah. Dimulai dengan membiasakan ia merapikan di setiap kegiatannya di rumah," ujar Vera saat ditemui dalam acara 'Pepsodent Ajak Ibu dan Anak Indonesia Bentuk Kebiasaan Baik Lewat Kampanye #mommylittlepatner di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

    Menjadikan anak sebagai teman memang hal yang paling mudah. Selain itu anak pun akan belajar mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab bila mereka melakukan pekerjaan rumah sendiri.

    "Membentuk kebiasaan baik pada anak memang sebaiknya dimulai sedini mungkin, dimulai berbagi tanggung jawab di rumah. Sekecil apapun tanggung jawab yang diberikan kepada anak, ibu telah menempatkan anak sebagai mitranya, memberikan kepercayaan, dan perhatian kepada anak," ujar Vera.

    Selain melatih tanggung jawab, tugas dan tekanan seorang ibu secara tidak langsung akan berkurang. Ketika ibu telah terbiasa untuk berbagi tanggung jawab ke anak, anak akan merasa bahagia dan bangga karena dapat menyelesaikan tugas dari ibu.

    "Anak pun akan memiliki rasa percaya diri, lebih bertanggung jawab, memiliki inisiatif yang tinggi, serta lebih mempererat hubungan anak dan ibu," paparnya lagi.

    Baca juga:

    Begini Wajah Guru yang Dikeroyok Orangtua & Murid, Kasihan

    Trik Artika Sari Besarkan Anak: Jadikan Anak Teman

    Alamak, Sudah Punya 2 Anak, Nia Ramadhani Masih Terlihat Aduhai!

    Pengakuan Blak-Blakan Ibunda Raffi Soal Kondisi Rumah Tangga Anaknya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES