1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    21 Januari 2016 12:02

    Tips Mengencangkan Perut Selepas Melahirkan

    Dengan metode yang tepat, Anda bisa mendapatkan kembali perut yang kencang seperti masih gadis.

    Feed.merdeka.com - Ketika wanita hamil dan melahirkan, kondisi fisik dan penampilan tubuh akan jauh lebih berbeda dari sebelumnya. Salah satu keluhan yang terjadi pada wanita pasca melahirkan ialah perut kendur.

    Tapi tak perlu khawatir. Dengan metode yang tepat, Anda bisa mendapatkan kembali perut yang kencang seperti masih gadis. Bukan tidak mungkin skinny jeans yang sudah lama Anda simpan itu bisa digunakan lagi. Berikut adalah enam taktik terbaik untuk Anda, selamat mencoba.

    1. Olahraga perut
    Pernahkah Anda mendengar belly binding? Metode ini dapat mengikat dan membantu menutup kesenjangan di perut Anda yang berkembang setelah kehamilan. Kesenjangan ini disebut diastasis recti dan sekitar sepertiga dari perut ibu baru akan dipisahkan otot, terutama jika Anda melahirkan anak kembar yang membuat perut berkembang pesat.

    Belly Binding telah dipraktekkan selama berabad-abad dalam budaya yang berbeda di seluruh dunia. Olahraga ini sangat digemari selebriti Hollywood seperti Angelina Jolie, Gwen Stefani, dan Halle Berry.

    2. Menyusui
    Tahukah Anda bahwa menyusui dapat memberi efek baik bagi kedua pihak: bayi dan ibunya? Ya, menyusui membantu Anda menyingkirkan perut bergelambir pada ibu. Ini disebabkan oleh hormon oksitosin yang dikeluarkan setiap kali Anda menyusui.

    Oksitosin disebut sebagai "hormon cinta" menyebabkan sel-sel otot dalam rahim Anda menyusut, membantu perut Anda kembali ke ukuran biasa. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa ASI dapat memberi efek perut mengecil dan kencang untuk ibu.

    Proses ASI sendiri menjadi proses metabolisme aktif yang membutuhkan rata-rata 200 hingga 500 kalori per hari. Penelitian telah menegaskan bahwa ibu tidak menyusui lebih sulit menurunkan berat badan.

    3. Pilates dan yoga
    Olahraga sit-up tidak akan membantu Anda mendapatkan kembali perut rata. Namun olahraga yang bekerja dengan inti atau otot dalam perut Anda akan membantu mengecilkan perut.

    Setelah dokter memperbolehkan Anda untuk mulai berolahraga lagi, segeralah mendaftar pilates atau yoga. Jangan lupa mengingatkan kepada instruktur Anda baru saja punya bayi. "Anda perlu untuk memperkuat otot-otot Anda yang terdalam sebelum menangani lapisan luar," kata Francine St George, yang berbasis di Sydney dan penulis Bodyworks

    4. Memperbaiki postur tubuh
    Bila Anda sudah berhasil mengakses otot inti berarti Anda mempermudah meratakan perut. Bila Anda sudah menguasainya, maka Anda bisa meratakan perut hanya dengan gerakan ringan macam mendorong kereta bayi, berjalan dengan binatang peliharaan, atau berbicara di telepon.

    "Hanya mendorong troli di supermarket akan memberikan latihan pada otot inti Anda. Inti otot memberi Anda kekuatan dalam kehidupan sehari-hari," kata Michelle Bridges, personal trainer di Channel Ten’s The Biggest Loser dan penulis Cut The Fat (Penguin).

    5. Tidur siang
    Memiliki bayi baru membuat Anda kurang tidur. Hal itu menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang telah terbukti gagal meratakan perut. Cobalah untuk beristirahat ketika bayi Anda tertidur dan menjaga tingkat stres Anda. "Kurangnya tidur disebabkan oleh stres. Pada dasarnya, ketika Anda tidak bahagia, usus Anda pun tidak senang, "kata Andrew Cate, penulis Factor Diet H (ABC Book).

    6. Jalan-jalan
    Berjalanlah segera setelah Anda mampu melakukannya. Anda dapat mulai berolahraga segera setelah Anda merasa siap. Hal ini dapat terwujud beberapa hari setelah kehamilan atau beberapa minggu kemudian, tergantung pada bagaimana kondisi kesehatan Anda.

    Tidak perlu untuk latihan dengan keras, cukup dengan lima sampai sepuluh menit latihan ringan seperti berjalan di sekitar lingkungan rumah. Anda dapat melakukannya 20 sampai 30 menit latihan dan hampir setiap hari dalam seminggu.

    Baca juga:

    Tips Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Ledakan Bom

    9 Tips Bertengkar Sehat dengan Suami

    Tips Melunturkan Lemak di Perut Tanpa Diet

    Tips Alis Apik dari Para Seleb Cantik

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES