1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    3 Februari 2016 12:13

    Tips Agar Tak Terjerat Perdagangan Ginjal Manusia

    Alasan di balik tingginya penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat.

    Feed.merdeka.com - Awal tahun 2016 ini diisi dengan kabar mengenai penjualan ginjal. Sejumlah warga Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hanya memiliki satu ginjal. Mereka disinyalir menjadi korban sindikat penjualan organ tubuh.

    Alasan ekonomi menjadi faktor banyaknya warga yang terjerembab dalam sindikat ini. Melansir dari merdeka.com, warga yang terjebak diimingi uang hingga Rp80juta. Itu pun dipotong sekian persen untuk pihak "perantara".

    Jangan sampai Anda terjebak di dalam lingkaran penjualan ginjal ini. Alasan di balik tingginya penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Dilansir dari Women Daily Magazine.com, Berikut adalah kebiasaan yang harus Anda ubah demi memiliki ginjal yang sehat.

    1. Protein tinggi
    Diet kaya protein memang sehat, tetapi mengonsumsi makanan dengan protein tinggi serta daging merah dapat merusak ginjal.

    2. Merokok
    Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa merokok buruk bagi setiap organ dalam tubuh Anda, termasuk ginjal.

    3. Terlalu banyak garam
    Salah satu fungsi ginjal adalah metabolisme kalium. Kalium tertelan melalui garam dan ketika Anda menggunakan terlalu banyak garam dalam makanan, ini akan merusak fungsi ginjal.

    4. Penggunaan obat berlebihan
    Obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan kerusakan pada banyak organ tubuh. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berlebihan dapat mengurangi aliran darah. Hal itulah yang dapat mengurangi kapasitas ginjal.

    5. Terlalu banyak kafein
    Minum minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Peningkatan tekanan darah dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

    6. Mengabaikan pilek
    Tidak beristirahat dan tidak menyembuhkan pilek dapat mengakibatkan infeksi ginjal.

    7. Minum alkohol
    Minum alkohol berlebihan benar-benar dapat menyebabkan kerusakan ginjal karena minuman beralkohol mengandung racun.

    8. Insomnia
    Jaringan mendapatkan regenerasi ketika Anda tidur. Tapi ini akan gagal terjadi bila Anda menderita insomnia karena dapat mengganggu regenerasi jaringan di ginjal.

    9. Dehidrasi
    Tidak minum cukup air adalah salah satu alasan utama untuk merusak ginjal Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan filtrasi ginjal yang buruk dan yang mengarah ke akumulasi racun dalam darah.

    10. Menahan pipis
    Menjaga urine di kandung kemih terlalu lama menyebabkan kerusakan serius pada fungsi ginjal dan akhirnya menyebabkan dialisis.

    Baca juga:

    Waspada 10 Gejala Awal Batu Ginjal

    Tips Usir Batu Ginjal Dengan Pengobatan Rumah

    10 Tanda yang Memungkinkan Anda Mengidap Penyakit Ginjal

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES