1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    23 Juni 2016 14:13

    Gejala Bipolar Bisa Dideteksi Sejak Balita

    Gejala bipolar bisa diketahui sejak balita

    Feed.merdeka.com - Bipolar pernah menjadi sorotan di tengah masyarakat karena kasus yang terjadi pada artis Marshanda. Gangguan bipolar sering terjadi di akhir masa remaja atau dewasa awal.

    Beberapa orang yang diketahui memiliki gejala dapat dideteksi sejak masa kanak-kanak. Sementara yang lain mungkin mengembangkan gejala-gejala di akhir hidupnya.

    "Saat balita, jarang tidur, mood yang sangat naik turun, terkadang bandel sekali atau bahkan sama sekali tidak bicara atau diam merupakan suatu gejala anak mengidap bipolar," ungkap dokter spesialis kejiwaan, Nurmiati Amir saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

     

    Perubahan mood yang sangat drastis memang ciri khas mengidap bipolar. Sulit berkonsentrasi. mudah tersinggung, hiperaktif dan banyak bicara pun merupakan gejala bipolar pada anak.

    Penyebab bipolar pun berasal dari beberapa faktor seperti genetika, psikososial da terganggunya beberapa cairan kimiawai (neurochemistry) di dalam otak.

    Pengobatan pada balita pun tidak sama dengan pengobatan bipolar yang sudah dewasa.

    "Obat bipolar tidak dapat diberikan pada balita karena metabolisme pada balita akan terganggu. Sebaiknya ada lakukan pendekatan pada anak, mengerti cara mengatur emosi anak, dan komunikasi yang baik dengan anak," papar dr. Murmiati.

    Berprilaku penuh empati anak dengan bipolar pun akan sukses dikemudian hari. (ism) 

    Baca juga:

    Penangan Tepat Bipolar Pada Ibu Hamil dan Menyusui

    Begini Pendapat Pakar Mengenai Bipolar yang Diderita Marshanda

    Ciri-ciri Anak Siap Masuk Sekolah, Orangtua Wajib Baca!

    Faedah Luar Biasa Merayakan Ulang Tahun Anak Batita

    Anak Laki-laki lebih Rentan Terkena Hipertensi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES