1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    28 Januari 2016 12:03

    5 Sikap Jessica yang Membuat Netizen Curiga

    Ketenangan, senyum yang ditebar, serta mengadu ke Komnas HAM, membuat publik mempertanyakan sikap Jessica.

    Feed.merdeka.com - Kasus pembunuhan yang menewaskan Wayan Mirna Salihin (27) setelah meminum es kopi Vietnam di Olivier Cafe, Mall Grand of Indonesia, Jakarta Pusat, pada awal Januari 2016 masih bergulir. Penyebab kematian Mirna dipastikan karena meneguk kopi yang bercampur sianida seberat 15 miligram.

    Meskipun pihak kepolisian mengaku sudah mendapatkan empat barang bukti, belum jelas siapa tersangka pelaku pembunuhan tersebut. Ada dua saksi yang diperiksa: Jessica dan Hani. Keduanya adalah rekan korban yang ngopi bersama ketika peristiwa itu terjadi. 

    Namun, dibanding Hani, ada beberapa sikap Jessica yang membuat netizen merasa curiga dan yakin bahwa dialah pelakunya. Berikut ini lima perilaku Jessica tersebut.

    1. Membuang celana

    Setelah kejadian tersebut, Jessica diketahui membuang celana jeansnya atas alasan robek. Polisi sudah berusaha mencari celana tersebut namun gagal. Polisi juga sudah meminta keterangan SR yang tak lain adalah pembantu Jessica yang diminta membuang celana tersebut.

    Seperti dikutip dari merdeka.com, Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Kombes Krishna Murti mengaku tak mempermasalahkan jika nantinya celana jeans Jessica tak berhasil ditemukan. Karena masih banyak petunjuk lain untuk menguak kasus tersebut.

    "Celana enggak ketemu enggak masalah, bukti lain cukup," kata Krishna di Polda Metro Jaya, Jumat, 22 Januari 2016.

    Kesaksian Jessica, pesan minum duluan maksud mau traktir Mirna

    2. Tidak mencicipi kopi

    Selain hal itu diketahui pula dari kuasa hukum Jessica bahwa ia tidak ikut mencicipi kopi maut tersebut. Hanya Hani yang ikut mencicipi ketika korban merasa ada yang tidak beres dengan kopinya. 

    "Itu Mirna sudah minum terus bilang kok enggak enak, kemudian diciumkan ke Jessica dan Hani. Mirna mencicipi kopi seteguk dan Hani seteguk," ujar Yudi Wibowo Sukinto, selaku kuasa hukum Jessica di Polda Metro Jaya, Rabu, 20 Januari 2016, seperti dikutip dari merdeka.com.

    3. Rekaman wawancara saksi

    Media juga sempat dihebohkan dengan transkrip rekaman yang diduga percakapan para saksi dari kasus tersebut. Dari saksi seorang perempuan yang diduga pegawai dari Olivier Cafe menjelaskan bahwa Jessica seperti menghalangi orang yang ingin membantu Mirna saat kejang-kejang.

    (Baca: Inilah Rekaman Percakapan Saksi Kasus Mirna Si Korban Sianida)

    "Yang saya lihat, Jessica itu sebelah saya. Itu dia tenang sekali menurut saya dibanding satunya yang panik bukan main. Justru karena kita mau tolong dia (Mirna). Dia (Jessica) malah blok jalan," ceritanya.

    4. Perbedaan sikap Jessica dan Hani saat diperiksa

    Ketika Jessica dan Hani datang untuk memenuhi panggilan polisi di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, terdapat perbedaan yang kontras yang ditunjukkan keduanya. Mengutip dari merdeka.com, Jessica terlihat santai dan tersenyum. Bahkan usai diperiksa Jessica tetap tenang. Begitu pula dengan pemeriksaan kedua. 

    Hal sebaliknya dilakukan oleh Hani. Dalam pemeriksaan, ia sesekali terlihat menangis. Wanita berambut panjang itu terlihat terisak saat para penyidik menginterogasinya.

    Tepat pukul 13.30 WIB, Senin, 25 Januari 2016, Hani meninggalkan ruang pemeriksaan sambil menghindari pandangannya dari awak media. "Maaf ya (tak mau diwawancarai)," singkat Hani sambil masuk ke dalam mobil.

    Benarkah ada penggiringan opini Jessica tersangka kasus Mirna?

    5. Datang ke Komnas HAM

    Jessica bersama kuasa hukumnya mendatangi kantor Komnas HAM karena merasa dirinya diperlakukan seperti tersangka oleh pihak kepolisian maupun media. Namun menurut pengamat sosiolog, Musni Umar, Jessica tak perlu mengadu ke Komnas HAM jika tak merasa bersalah. Kemungkinan Jessica sedang menggiring opini dalam kasus kopi racun sianida Mirna. 

    "Bisa jadi pengiringan opini, dia (Jessica) pergi ke Komnas HAM dalam rangka apa itu perlu pertanyakan, dia (Jessica) tidak pantas ke sana," kata Musni Umar, seperti dikutip dari merdeka.com. Ia juga menambahkan bahwa Jessica tak perlu takut terhadap pemberitaan media-media yang dianggap sebagai tersangka kasus Mirna.

    Baca juga:

    Beredar Rekaman Dugaan Jessica yang Memasukkan Racun pada Kopi Mirna

    Komisaris Besar Polisi Krishna Murti Sindir Jessica di Facebook

    Foto Kenangan Masa Kecil Mirna bersama Saudari Kembarnya

    Inilah Rekaman Percakapan Saksi Kasus Mirna Si Korban Sianida

    Cantiknya Wajah Sandy, Kembaran Mirna Si Korban Kopi Maut

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES