1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    11 Februari 2016 17:45

    Setelah Baca Ini, Anda Tidak Lagi Buang Kulit Buah

    Kulit buah punya beragam manfaat buat tubuh manusia, di antaranya...

    Feed.merdeka.com - Kulit buah selama ini dikenal hanya sebagai pelindung dari daging buah saja. Tidak ada lagi manfaat yang bisa didapat darinya selain menjadi pupuk alami untuk tanah.

    Namun sebenarnya pada kulit buah yang Anda buang, terdapat berbagai macam manfaat. Mengutip dari foods4betterhealth.com, ada banyak vitamin dan mineral yang terkandung pada kulit buah. Berikut ini beberapa kulit buah yang bermanfaat.

    1. Kulit pisang

    Image result for bananas peel
    Kulit pisang mengandung vitamin B6 dan B12, magnesium, dan kalium. Kulit pisang juga mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan buahnya yang berguna untuk proses pencernaan.

    Selain itu kulit pisang mengandung banyak tryptophan yang dapat meningkatkan kadar serotonin yang berhubungan dengan suasana hati. Anda dapat memakan kulit pisang secara langsung atau direbus terlebih dahulu dan dijadikan smoothie dengan buah yang lain.

    2. Kulit jeruk

    Image result for orange peel
    Kulit jeruk mengandung empat kali serat dibandingkan buahnya. Kulit jeruk juga mengandung flavonid bernama tangeretin dan nobiletin yang dikenal sebagai pembunuh kanker.

    Dalam kulit jeruk juga terdapat d-limonene yang baik untuk melawan paparan sinar UV dan mengurangi risiko kanker kulit. Tapi dengan rasanya yang pahit Anda pasti enggan memakannya. Maka lakukan cara berikut: parut kulit jeruk hingga halus. lalu campur pada salad, sayur, kue, dan kue kering.

    3. Kulit apel

    Image result for apple peel
    Kulit apel mengandung 87 persen phytochemical yang baik untuk melawan kanker. Selain itu rasa kulit apel lebih enak daripada kuli jeruk dan kulit kiwi. Jadi mulai sekarang, jangan kupas kulit apel sebelum memakannya.

    4. Kulit mentimun

    Image result for cucumber peel
    Kulit mentimun mengandung silika (bahan kimia yang membantu membangun kolagen) yang baik untuk kulit Anda. Cuci kulit mentimun hingga bersih sebelum Anda memakannya, Anda juga bisa memakan mentimun organik untuk hasil yang lebih baik.

    5. Kulit semangka

    Image result for watermelon peel
    Kulit semangka berwarna putih yang sering Anda buang ketika memakan buahnya, ternyata memiliki banyak manfaat. Kulit putih tersebut mengandung citruline asam amino yang membantu melebarkan pembuluh darah agar meningkatkan sirkulasi tubuh.

    6. Kulit kiwi

    Image result for kiwi peel
    Jika biasanya Anda membuang kulit kiwi, Anda harus menghentikan hal itu mulai dari sekarang. Pada kulit kiwi terdapat kandungan yang baik untuk memerangi bakteri seperti E. coli dan Staphylococcus aureus.

    Jika Anda tidak bisa memakannya secara langsung, Anda bisa mencampurkan kulit kiwi dengan buah lain untuk dijadikan smoothie. Bisa juga ditambahkan pada salad atau tumisan dengan cara diiris terlebih dahulu.

    Baca juga:

    Singkirkan Buahnya, Makanlah Biji Pepaya demi 7 Faedah Ini

    5 Buah Segar Pemutih Alami Terbaik untuk Kulit

    Jangan Jijik Dulu, Tapi Inilah Manfaat Makan Kulit Pisang

    Pijat 5 Buah Ini di Gigi, Dijamin Manjur Putihkan Gigi Kuning

    Trik Mudah Menghilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES