1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    25 Mei 2016 16:41

    3 Manfaat Sarapan Sejam Setelah Bangun Tidur

    Anda akan mendapatkan tiga keuntungan berikut jika sarapan sejam sesudah melek.

    Feed.merdeka.com - Sarapan merupakan satu kegiatan penting yang sering diremehkan. Kebanyakan orang menganggap sarapan tidak penting dan langsung memulai aktivitas harian. Biasanya mereka akan makan setelah sampai di tempat tujuan atau menunggu hingga makan siang.

    Padahal sejatinya sarapan sangat penting bagi tubuh untuk beraktivitas selama sehari penuh. Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk sarapan? Melansir dari lifehack.org waktu yang tepat untuk sarapan ialah satu jam setelah terbangun dari tidur. Jika Anda melakukan sarapan pada waktu tersebut Anda akan mendapatkan tiga keuntungan berikut.

    1. Gula darah dan insulin jadi teratur dan memacu metabolisme tubuh



    Ketika Andasarapan satu jam setelah bangun tidur, kadar gula darah dan insulin Anda akan teratur. Selain itu sarapan pada waktu tersebut juga sangat baik untuk memacu kembali metabolisme tubuh yang melambat akibat tertidur. Itu berarti sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.

    2. Anda akan cenderung memakanan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi



    Ketika Anda melewatkan sarapan, sama saja Anda akan membiarkan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi masuk ke dalam tubuh Anda. Mengapa demikian? Ketika Anda sarapan, makanan yang dikonsumsi akan lebih sehat dan akan menahan rasa lapar lebih lama. Sedangkan jika Anda tidak sarapan, Anda akan merasa cepat lapar dan memakan makanan yang kurang sehat.

    3. Bisa meningkatkan suasana hati



    Menurut beberapa penelitian, ketika Anda sarapan satu jam setelah bangun tidur bisa meningkatkan suasana hati karena memberikan nutrisi pada otak. Hal tersebut juga akan mencegah Anda merasa lelah dan mudah marah sepanjang hari.

    Membiasakan diri untuk sarapan satu jam setelah bangun memang akan terasa sukar. Tapi jika Anda melakukan rutinitas ini tubuh Anda akan lebih bugar, enerjik, dan menyegarkan pikiran.

    Baca Juga:

    Ternyata Tak Sarapan Adalah Penyebab Tubuh Anak Jadi Pendek

    Uniknya Ritual Sarapan Keluarga Arie Untung

    8 Panganan Berbahaya Untuk Sarapan

    Mari Mulai Sarapan Sehat Sempurna dengan 4J

    Menu Sarapan Penumpas Kanker dari Tubuh

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES