1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     5 Januari 2016 18:00

    Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

    Ada beberapa posisi tidur yang benar agar tidur tetap nyaman dan jabang bayi pun senang.

    Feed.merdeka.com - Tidur memiliki peran penting selama kehamilan. Sebab, tidur yang cukup akan membantu dalam perkembangan janin dan pertumbuhan. Sebaliknya, kurang tidur saat kehamilan dapat menyebabkan depresi. Bila seorang wanita hamil mengalami kurang tidur, ia bisa mengembangkan hormon stres dan ini dapat membahayakan si cabang bayi.

    Sayangnya tidur ketika hamil, terutama di trimester akhir, sangatlah menantang. Bila merasa sesak, nyeri punggung, dan peningkatan ukuran perut, Anda harus segera mengubah posisi tidur. Untuk itu, Anda harus mengetahui posisi tidur yang tepat selama kehamilan. Berikut beberapa posisi tidur terbaik yang memberikan tidur Anda nyenyak.

    1. Tidur menyamping ke kiri
    Posisi tidur menyamping ke kiri ialah posisi yang paling aman  dan nyaman selama kehamilan. Tidur di sisi kiri juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, melindungi hati dan ginjal dari beban berat perut Anda.

    2. Hindari sering tidur terlentang
    Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang dapat mengakibatkan pingsan. Tekanan rahim akan berada di tulang belakang dan punggung. Hal tersebut akan berdampak nyeri pada otot, kram, penurunan sirkulasi, bahkan wasir, serta dapat menurunkan sirkulasi darah ke cabang bayi.

    3. Hindari tidur menekan perut
    Hindari tidur menekan perut sebab dapat menekan rahim dan dapat membahayakan Anda dan calon bayi.

    4. Posisi tidur membantu untuk mengurangi sakit punggung
    Menyimpan bantal di bawah perut Anda saat tidur di satu sisi. Hal ini dapat mendukung berat perut serta membantu mengendurkan otot punggung.

    5. Tidur di sisi kiri mencegah sesak nafas
    Tidur di sisi kiri akan mencegah sesak napas dan refluks asam. Anda juga dapat menyimpan bantal di bawah sisi Anda untuk mengangkat daerah dada.

    6. Naikan kepala
    Anda dapat menaruh beberapa bantal di sisi kepala tempat tidur Anda untuk meningkatkan kepala Anda. Hal ini akan mengurangi refluks asam karena akan mendorong asam turun menuju perut.

    7. Ratakan kaki dengan posisi kepala
    Kram kaki adalah masalah umum pada kehamilan. Jika Anda bangun dengan kram kaki pada malam, segera ratakan kaki Anda dengan posisi kepala Anda. Hal ini akan mengurangi kram kaki dan membantu Anda untuk tidur dengan benar.

    8. Tidur di sofa
    Sofa yang empuk dapat membuat tidur Anda nyaman tanpa menempatkan lebih banyak tekanan pada punggung dan perut.

    9. Gunakan bantal panjang
    Anda dapat menggunakan bantal sepanjang dua meter saat Anda hamil sebab dapat memberi kenyamanan pada punggung dan perut. Letakkan bantal di antara lutut dan bantal lain di belakang Anda. Anda juga dapat menggunakan bantal ketiga di bawah perut Anda.

    10. Gunakan bantal agak keras
    Menggunakan bantal agak keras baik untuk leher Anda dan membuatnya dalam posisi yang sama seperti tulang belakang. Ini juga bisa mendukung bahu Anda.

    Baca Juga:

    Inilah Ciri Anda Hamil Anak Kembar

    Jangan Tertawa, Tapi 6 Gejala Hamil Ini Memang Tidak Biasa

    Hanya Ibu Hamil yang Paham Kartun Kocak Ini

    Manfaat Luar Biasa Jeruk Untuk Ibu Hamil

    Inilah Sederet Kenikmatan Ketika Hamil

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES