1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Indra    11 November 2015 10:01

    Pentingnya Pola Tidur Balita bagi Pertumbuhan Sempurna Anak

    Perkembangan bayi sebenarnya terjadi saat tidur.

    Feed - Kebanyakan orang menganggap pertumbuhan balita sudah sempurna, dan hanya membutuhkan nutrisi serta stimulasi yang baik. Padahal, perkembangan bayi sebenarnya terjadi saat tidur.

    Dr. Soedjatmiko, spesialis konsultan tumbuh kembang anak menjelaskan bahwa tidur balita bukan hanya sekadar pelepas lelah aktivitas saja, melainkan mempunyai peran penting lain. Sebab, dalam tidurnya terdapat dua siklus Rapid Eye Movement (REM) dan Non-Rapid Eye Movement (NREM).

    “Fase REM terjadi jika balita sedang tidur terdapat pergerakan mata, gerakan jari tangan, atau gerakan anggota badan lain yang menandakan proses REM sedang bekerja,” ujarnya saat ditemui di sebuah acara di hotel La Mariena, Jakarta Selatan, Selasa, 11 November 2015.

    (Dr. Soedjatmiko saat menjadi narasumber di sebuah acara di hotel La Mariena, Foto: Arman Amazis)

    REM disebut juga dengan tidur aktif. Karena saat fase ini terjadi pertumbuhan emosional, kognitif, konsolidasi, dan pertumbuhan otak si kecil. Pada tahap ini juga, peredaran darah ke otak berjalan dengan lancar, sehingga fungsi otak menjadi lebih baik dan sel-sel otak tumbuh lebih cepat.

    Dia menambahkan, bahwa proses NREM punya cara kerja dan dampak pertumbuhan berbeda bagi si anak. “Beda dengan REM, pada fase NREM terjadi saat balita tidur dengan nyenyak dan tenang. Karena bagian yang sedang tumbuh adalah bagian fisik.” katanya.

    via qykapp.com

    Fase NREM sering disebut juga sebagai fase tidur tenang, karena terjadi peningkatan pelepasan hormon pertumbuhan sehingga tubuh mendapat kesempatan untuk berkembang, memperbaiki sel-sel tubuh, membangun otot dan jaringan pendukung, serta menguatkan tulang. Kedua siklus tersebut harus dipenuhi balita saat tidur selama 16-18 jam.

    Jika siklus itu terganggu, maka saat bangun balita akan menjadi rewel dan sering merasa gelisah. Hal ini tentu berbeda dengan balita yang siklus REM dan NREMnya terpenuhi. Ketika balita bangun, mereka akan lebih terlihat segar dan bersemangat. (Arman Amazis/Indra Komara)

    Baca juga:

    Cara Asyik Olahraga Sambil Bawa Bayi

    Kenapa Bantal Berbahaya bagi Bayi?

    Tips Merawat Kulit Bayi agar Putih dan Bersih

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES