1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     23 Juni 2016 10:15

    Cara Atasi Bipolar pada Ibu Hamil

    Bagaimana cara mengatasi bipolar pada ibu hamil dan menyusui?

    Feed.merdeka.com - Gangguan bipolar memang dikenal sebagai peristiwa manik depresif, sebenarnya jenis gangguan yang dapat dikendalikan. Gangguan yang ditandai dengan perubahan ekstrim pada suasana hati (mood), pikiran energi, dan prilaku. Untuk mencegah kambuhnya salah satu fase bipolar seperti mania atau depresi, pengidap pun dianjurkan minum obat secara teratur.

    Namun bagaimana jika bipolar terjadi pada ibu hamil? Nurmiati, dokter spesialis penyakit kejiwaan memaparkan, merencanakan kehamilan bagi penngidap bipolar memang bukan hal yang mudah. Sebab sewaktu-waktu sang ibu akan kambuh. Selain itu, obat-obatan bipolar memiliki potensi efek samping dan dampak negatif bagi calon bayi.

     

    "Memang sangat dilema ketika sang ibu memiliki bipolar saat hamil, bila tidak diobati sang ibu akan kambuh dan tidak memikirkan keselamatan janinnya. Namun ketika sang ibu minum obat, calon bayi akan mengalami kecacatan," papar Nurmiati saat ditemui dalam acara 'Gangguan Bipolar VS Fenomena Bunuh Diri Di Kota Besar' di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat.

    Kecacatan yang dimaksud seperti bibir sumbing, kelaian katup jantung, gangguan saraf belakang. Apalagi ketika si ibu mengonsumsi obat pada trisemester pertama kehamilan.

    Untuk menyelaskan masalah tersebut, Nurmiati menyarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kejiwaan saat memutuskan untuk hamil.

    "Berkonsultasi pada dokter sangat disarankan agar dokter memberikan obat yang sesuai tidak membuat janin dalam masalah dan bipolar tidak kambuh saat masa kehamilan," tambah Nurmiati.

    Sebaiknya, enam bulan sebelum melahirkan menghentikan terlebih dahulu penggunaan obat atau gunakan obat yang aman yang disarankan olej dokter.

    Begitu pun dengan ibu menyusui juga mengahdapi masalah sama karena sebagian obat gangguan bipolar dapat terserap oleh ASI dan bayi pun akan terkena efek samping dari obat yang dikonsumsi. (ism)

    Baca juga:

    Begini Pendapat Pakar Mengenai Bipolar yang Diderita Marshanda

    Menunda Kehamilan Bisa Berakibat Kesulitan Memiliki Momongan

    Gejala Kehamilan Kedua, Apakah Anda Mengalaminya?

    Terbukti Akurat, 5 Bahan Rumahan Ini Mampu Mendeteksi Kehamilan Wanita

    5 Mitos Kehamilan di Atas Usia 35 Tahun

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES