1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    25 November 2014 13:41

    Kisah Para Penyelam dari Dasar Laut Ambon

    Menjamah banyak pantai, jelajah Goa Hukurila di bawah laut yang indah menjadi daya tarik salah satu provinsi Maluku ini.

    Feed - Memiliki spot-spot selam menarik, Ambon, Maluku Tengah tak kalah eksotis dengan pulau lain Indonesia. Namun, perlu diperhatikan bila anda memiliki rencana menyelam di perairan Ambon, harus didampingi dengan pemandu wisata setempat.

    Adanya pemandu wisata saat berwisata di Ambon bisa dikatakan hal yang penting karena masih banyakanya wilayah sakral bagi sebagian warga asli di sana.

    "Ya, sebaiknya kalau jalan-jalan di sini harus dengan pemandu atau warga asli. Selain tidak salah mencapai tempat tujuan, pemandu juga bisa memberikan petunjuk bagi wisatawan untuk berperilaku di daerah yang masih ada mistisnya," kata Hengki salah satu supir taxi di Ambon saat Feed.id berkunjung ke Ambon beberapa hari lalu.

    Hengki menyampaikan bahwa spot untuk menyelam di Ambon cukup banyak dan ada yang dekat dengan Bandara Udara Pattimura yaitu ada Pantai Natsepa dan Tulehu.

    Tapi, jika ingin ke spot selam istimewa di Ambon, penyelam mau tidak mau harus menumpangi kapal penyebrangan atau kapal cepat.

    Dengan waktu perjalanan kurang lebih 60-an menit dengan kapal dari dermaga terdekat, misal dari Dermaga Natsepa, penyelam bisa merasakan keindahan alam bawah laut di Pantai Ukurela.

    Pantai Ukurela masih jarang dijamah oleh manusia, khususnya wisatawan. Jadi, pantai ini salah satu rekomendasi terbaik untuk menyelami keindahan bawah laut Pulau Ambon.

    Pemandangan indah selama perjalanan akan dilewati oleh penyelam selama menumpangi kapal. Daerah pesisir menuju Pantai Ukurela memang benar-benar masih perawan.

    Sepanjang pesisir lautnya masih ditumbuhi pepohonan lebat, hanya ada satu atau dua rumah terlihat dari kapal. Bahkan, pemandangan tebing-tebing di pesisir juga menjadi perhatian tak terelakkan untuk diabaikan.

    Melihat tebing-tebing tinggi dengan tekstur goa di kakinya dari atas kapal menjadi gambaran untuk melihat panorama bawah laut.

    Ya, benar. Ternyata spot selam di sekitar Ukurela juga memiliki banyak goa. Jarang dikunjungi manusia, spot selam di Ukurela juga masih menjadi rumah bagi beberapa spesies ikan mungil dan ikan langka, Napoleon.

    Jelajah alam bawah laut dengan biota cantik, penyelaman di salah satu spot selam di Ambon ini tentu membawa cerita unik. Tapi, jangan lupa anda harus tetap bersama penyelam ahli, walaupun anda sendiri sudah memiliki license.

    Petunjuk penyelam ahli dari daerah setempat sangat diperlukan agar penyelaman anda untuk berenang bersama ikan-ikan hias dan langka asli perairan Ambon bisa berjalan dengan aman.

    Pilihan lain selain menyelam, keindahan pantai dan bawah laut di Ukurela juga bisa dinikmati dengan snorkeling.

    Cukup bermain-main di dalam air, anda juga bisa menikmati angin pantai dengan membakar ikan tangkapan warga setempat. Biasanya, warga setempat sering santai sore di tepi pantai dengan membakar ikan, lalu mereka juga ramah untuk menawarkannya kepada pengunjung.

    So, jangan takut datang dan bincang-bincang dengan Nyong Ambon ya!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES