1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    11 Agustus 2015 17:57

    Mengerikan! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Makan

    Ini bisa jadi perhatian khusus bagi mereka yang sedang melakukan diet ketat.

    Feed - Kita semua sudah tahu kalau makan adalah salah satu hal penting dalam kehidupan. Tetapi, tahukah Anda apa yang terjadi jika kita berhenti makan?

    Sebuah video yang dirilis oleh AsapSCIENCE menunjukkan fakta mengejutkan tentang reaksi tubuh ketika benar-benar tidak mendapat asupan makanan selama tiga minggu. Hal Ini tentu bisa jadi perhatian khusus bagi mereka yang sedang melakukan diet ketat.

    Pada saat tubuh tidak menerima makanan, gula darah akan rendah, otak tidak berfungsi, bahkan berujung pada kematian. Berikut penjelasan lengkapnya.

    6 Jam pertama

    via metro.co.uk

    Pada tahap ini semuanya masih terasa normal, tetapi tubuh Anda mulai memecah glikogen, yang mengubah energi dalam tubuh menjadi glukosa. Seperti diketahui, sekitar 25 persen dari energi yang dihasilkan digunakan hanya untuk otak Anda dan sisanya untuk otot, serta sel-sel darah merah.

    Setelah lewat dari enam jam, produksi energi akan berhenti mulai habis kehabisan energi. Hal tersebut dapat memicu kemarahan pada diri Anda.

    6 - 72 jam

    via metro.co.uk

    Karena sudah hampir lebih dari satu hari tidak mendapat asupan makanan, pada tahap ini kondisi tubuh Anda mulai masuk pada keadaan yang disebut ketosis. Keadaan ini terjadi karena minimnya kandungan karbohidrat, sehingga memaksa tubuh memeras lemak sebagi sumber energi. Selain itu, kerja otak juga mulai melemah dan mengganggu fungsi otak yang normal.

    72 jam

    via metro.co.uk

    Lebih dari 72 jam, tubuh Anda terus mengalami penderitaan. Tanpa glukosa dan lemak, tubuh Anda terlihat akan mencuri energi dari sumber lain dan mulai menggunakan cadangan protein.

    1 - 2 minggu

    via metro.co.uk

    Tanpa vitamin atau mineral, sistem kekebalan tubuh mulai menghentikan fungsi tubuh seperti menstruasi dan libido.

    3 minggu - 70 hari

    via metro.co.uk

    Dalam waktu singkat, jika tubuh Anda benar-benar tidak menerima asupan makanan selama tiga minggu atau 70 hari, maka kematian sudah dekat di hadapan Anda. Simak video lengkapnya di sini.

    Baca juga:

    Ini yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Meminum Minuman Bersoda

    6 Makanan Ini “Beracun” Jika Dipanaskan Lagi

    Kapan Waktu yang Tepat Untuk Merokok Sehabis Makan?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES