1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    18 September 2015 13:27

    Mengapa Orang Paling Ingat Hari Senin dan Jumat?

    Pernahkah Anda menyadari mengapa hari Senin dan Jumat adalah hari yang paling diingat?

    Feed - Pernahkah Anda menyadari mengapa hari Senin dan Jumat adalah hari yang paling diingat? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hari Senin adalah hari yang identik dengan kesibukan, membosankan, dan lelah. Sementara hari Jumat berhubungan dengan hal-hal positif seperti kebebasan dan senang-senang.

    Menurut psikolog asal Universitas Lincoln, York dan Hertfordshire, hari Senin membuat kita ketakukan, dan Jumat dianggap hari yang paling indah. Sementara itu, seperti dilansir Times Of India, hari-hari di pertengahan minggu seperti Selasa, Rabu, dan Kamis dipercaya sebagai hari yang berbeda, bahkan tanpa kesan.

    via sllf.org

    Dari hasil peneltian yang dilakukan, hampir 40 persen peserta melakukan banyak kesalahan selama pertengahan minggu. Jumlah kesalahan naik ketika peserta ditanya setelah satu pekan menjalani hari libur. Dan, kebanyakan dari mereka merasa seperti berada satu hari di belakang dari hari yang sebenarnya.

    Selain itu, dalam penelitian tersebut peserta juga ditanya tentang seberapa cepat mereka bisa mengingat hari dengan benar. Hasilnya, kebanyakan orang hanya mampu mengingat hari Senin atau Jumat, dan hanya dua orang yang mengatakan hari Rabu dengan cepat.

    via lgbtcenteroc.org

    Dr Rob Jenkins dari University of York menambahkan alasan konkret terkait mengapa hari pertengahan minggu tidak begitu menarik di mata banyak orang. Menurut dia, hal ini terbentuk karena kebiasaan. Misalnya, kita lebih sering mendengar lagu-lagu pop pada hari Senin dan Jumat, sedangkan di hari pertengahan minggu jarang terdengar. Berakar dari situasi tersebut, orang lebih ingat hari Senin dan Jumat karena banyak kebiasaan yang akan dilakukan baik di awal hari siklus mingguan atau di hari terakhir menyambut hari libur.

    Baca juga:

    Cara Ampuh Bersihkan Paru-Paru Dalam Dua Hari

    Mengapa Kita Merasa Malas di Hari Senin? 

    Ini yang Terjadi Jika Anda Minum Jus Tomat Setiap Hari

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES