1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    5 Februari 2015 16:15

    Alasan Kucing Tak Mati Jatuh dari Ketinggian

    Pernahkah Anda berpikir, mengapa kucing tidak pernah mati saat jatuh dari ketinggian?

    Feed - Tak ada yang bisa menganulir kelucuan hewan yang satu ini. Kucing sering kali disebut-sebut sebagai hewan yang punya sembilan nyawa. Buktinya, kucing kerap selamat meski jatuh dari ketinggian.

    Seperti dikutip dari merdeka.com, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1987 menunjukkan sekitar 90 persen kucing yang jatuh dari ketinggian seperti apartemen berhasil selamat. Bahkan, hanya 37 persen yang membutuhkan bantuan medis.

    Dari penelitian terhadap kucing yang sudah dilakukan hingga saat ini, ilmuwan mengemukakan empat alasannya. Berikut penjelasannya.

    1. Bertubuh Lebar dan Ringan

    via imgkid.com

    Tidak ada unsur gaib saat kucing selamat jatuh dari ketinggian. Menurut ilmuwan yang dilansir BBC, alasan kuatnya adalah kucing punya tubuh yang lebar dengan bobot ringan. Hal itu membuat kucing bisa jatuh dengan yang lebih rendah dibandingkan dengan manusia di ketinggian yang sama.

    2. Berputar di Udara

    via sodahead.com

    Kemampuan istimewa dari kucing yakni bisa berputar dengan cepat di udara. Saat kucing terjatuh dari tempat yang tinggi, kucing memutarkan badan dengan dorongan ekornya sehingga dapat jatuh dengan posisi kaki di bawah.

    Hal itu juga didukung oleh insting kucing yang bisa merasakan arah meski tengah berada di posisi terbaik di udara.

    3. Kaki parasut

    via somepets.com

    Ketika terjatuh, kucing bisa memosisikan kakinya sebagai sebuah parasut dengan merentangkan keempat kakinya.

    Hal itu tentunya dapat mengurangi kecepatan kucing saat jatuh. Hebatnya lagi, kucing punya struktur kaki-kaki lentur dan berotot yang fungsinya bisa menyerupai pegas. Sehingga saat jatuh, seluruh energi kejut yang diterimanya bisa diserap dengan sempurna.

    4. Evolusi

    via flavorwire.com

    Sejak mulai menginjakkan kaki di bumi, tubuh kucing terbukti mengalami evolusi, terutama untuk beradaptasi ketika mencari mangsa dan hidup di pepohonan.

    Maka dari itu tidaklah aneh bila setelah jutaan tahun kaki kucing mampu menahan bobot tubuhnya dengan baik setelah jatuh dari ketinggian atau melompat menerkam mangsa.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES