1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. E
  6.  » 
  7. ENTERTAINMENT


  8. Reporter : Indra    26 November 2014 19:32

    Menakjubkan, Fenomena Indah Ini Terjadi Di Luar Angkasa

    Ilmuwan sampai fotografer berhasil menangkap hasil "lukisan" yang terpampang jelas di jagat raya. Manusia dibuat tak berkutik melihat keindahannya dan merasa kecil.

    Feed - Banyak yang meragukan kehidupan di luar angkasa. Meskipun sunyi senyap dan tak berpenghuni, luar angkasa punya pesona luar biasa dan menarik. Tak heran jika manusia di bumi melakukan pengamatan atau mengksplore kehidupan dan fenomena yang terjadi di ruang gelap luar galaksi.

    Ilmuwan sampai fotografer berhasil menangkap hasil "lukisan" yang terpampang jelas di jagat raya. Sejak tahun 2012 sudah banyak fenomena yang tertangkap mata kamera. Hasilnya sangat jelas, kita sebagai manusia dibuat tak berkutik melihat keindahannya dan merasa kecil. Berikut ini fenomena indah yang terjadi di luar angkasa.

    1. Sun Coronal Mass Ejection

    Sedikit yang tahu tentang fenomena Sun Coronal Mass Ejection (CME) atau badai matahari. Fenomena ini merupakan lidap api raksasa yang keluar dari permukaan matahari.

    Meski diketahui lidah matahari ini sangat panjang, jangkauannya tak akan secara langsung menyentuh bumi. namun fenomena ini bukan berarti tak memiliki dampak nyata di tata surya mau pun bumi.

    Gangguan sistem elektrik di Bumi serta sistem komunikasi GPS berbasis satelit jadi bukti nyata akibat bada matahari ini. Material yang terlontar dari CME ini yakni plasma yang terdiri dari elektron dan protons. Baca selengkapnya di sini.

    2. Witch's Broom Nebula

    Whitch's Broom Nebula atau supernova ini adalah bintang di galaksi Bima Sakti yang meledak sejak ribuan tahun lalu. Supernova memiliki jarak 1.400 tahun cahaya dari bumi dan berada tepat di konstelasi Cygnus.

    Pada saat ledakan, supernova akan terlihat sebagai bintang terang yang mirip dengan bulan sabit di langit malam. Baca selengkapnya di sini.

    3. Whirlpool Galaxy

    Fenomena luar angkasa satu ini merupakan galaksi spiral klasik yang ada di luar bumi. Menurut penuturan National Geographic, galaksi ini berjarak 20 juta tahun cahaya dari bumi. Warna-warna biru, merah, dan hijau tersebut berasal dari bintang muda dan gas hidrogen yang ada di angkasa. Baca selengkapnya di sini.

    4. Eagle Aurora

    Sulit rasanya menganulir kebesaran sang pencipta. Jagat raya ini seakan dibuat dengan sangat sempurna dengan fenomena dan makhluk yang ada di dalamnya.

    Fenomena di angkasa ini merupakan kejadian yang sulit dipecahkan. Bukan cuma sekedar cahaya yang berkilau. Eagle Aurora ini merupakan 'lukisan' alam yang membentuk seekor elang. Baca selengkapnya di sini.

    5. Venus Transit

    Fenomena venus transit merupakan peristiwa astronomi terbesar yang pernah terjadi di tahun 2012. Di mana planet venus melintasi piringan Matahari yang mirip seperti gerhana Matahari oleh Bulan.

    Disaat peristiwa ini terjadi, planet venus akan berada di antara di antara Matahari dan Bumi.

    Foto ini diambil ketika Venus melakukan 'perjalanannya' mendekati matahari dan terjadi hanya 105 tahun sekali. Dalam foto tersebut, bulan seakan-akan terlihat seperti buah jeruk besar dan Venus hanya berupa titik hitam kecil mengambang di permukaannya. Baca selengkapnya di sini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES