1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    26 November 2015 17:01

    Manfaat Menahan Buang Air Kecil

    Namun, penemuan ini tidak menyarankan Anda untuk menahan buang air kecil.

    Feed - Selama ini yang tertanam di benak semua orang bahwa menahan buang air kecil dapat berbahaya bagi tubuh. Namun, siapa sangka menahan air kemih ternyata memiliki efek positif yang bisa dirasakan. Seperti yang dilansir menshealth, sebuah penelitian tentang buang air menunjukkan bahwa menahan berkemih bisa meningkatkan kemauan atau semangat. Mengapa demikian?

    Iris Blandon-Gitlin, PhD, seorang profesor psikologi di California State University, Fullerton, AS, telah melakukan penelitian tentang manfaat menahan buang air kecil bagi otak. Ia mengatakan bahwa kontrol impuls-lah yang mendorong hal tersebut. "Tekanan pada kandung kemih mengaktifkan bagian dari otak Anda yang membantu melawan dorongan seperti keinginan menahan pipis," ungkap Iris.

    via io9.com

     

    Contoh lainnya adalah dapat membantu Anda melawan keinginan makan dan juga dapat membantu Anda berkonsentrasi lebih baik. Peneltian lain yang dilakukan oleh peneliti Belanda, menemukan bahwa orang yang menahan buang air kecil mencetak nilai lebih tinggi daripada mereka yang tidak pada tes mental yang cukup sulit. Alih-alih terganggu konsentrasinya, mereka yang sedang ingin berkemih mampu mengarahkan perhatiandan menjadi lebih fokus.

    Namun, penemuan tersebut tidak menyarankan Anda untuk menahan buang air kecil. Dampak negatif dari menahan pipis, baik dalam jangka pendek atau panjang, dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, bahkan dapat menyebabkan jaringan parut pada dinding kandung kemih. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Manfaat Kesehatan di Balik Makanan "Beracun"

    Manfaat Luar Biasa Menaruh 2 Potong Es di Leher

    Manfaat Luar Biasa Memijat Telinga di Bagian “Gerbang Surgawi”

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES