1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    30 Juni 2016 11:23

    Sajian Pendamping Ketupat Idul Fitri

    Tak lengkap rasanya jika hari idul Fitri tidak menyantap ketupat.

    Feed.merdeka.com - Hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah akan segera tiba. Sudah menjadi tradisi di Indonesia pada setiap lebaran akan di hidangkan ketupat.

    Makanan yang bisa dikatakan sebagai ikon Idul Fitri ini biasanya disajikan dengan lauk karena akan terasa lebih lezat dibandingkan dimakan polos.

    Teman makan ketupat yang paling sering ditemui yaitu opor ayam dan rendang. Tapi ternyata masih banyak makanan yang bisa disandingkan dengan ketupat.

    Dari riset yang dilakukan, berikut ini sederet lauk-pauk teman makan ketupat khas Idul Fitri yang bisa menjadi alternatif pilihan.

    1. Opor Ayam

    Via Royco.co.id

    Opor ayam merupakan sajian ayam berkuah santan yang gurih dan lezat. Di Indonesia opor ayam terdiri dari dua jenis yaitu opor ayam putih dan opor ayam kuning. Yang membedakan keduanya yaitu dalam kuah opor ayam kuning ditambahkan bumbu kunyit di dalamnya.

    2. Rendang

    via resepdanmasakan.com

    Rendang yang sudah diakui sebagai makanan terlezat di dunia ini juga merupakan salah satu lauk ketupat lebaran yang tidak pernah ketinggalan. Empuknya daging sapi berbalut dengan asin, gurih dan pedasnya bumbu rendang dapat memperkaya sajian ketupat lebaran Anda di rumah.

    3. Sambal goreng ati

    via selerasa.com

    Sambal goreng adalah sajian ati atau udang yang dimasak dengan bumbu pedas. Sambal goreng juga dilengkapi dengan potongan kentang berbentuk dadu serta potongan petai. Umumnya menu sambal goreng yang banyak disukai masyarakat Indonesia adalah sambal goreng ati, sambal goreng kentang, dan sambal goreng udang.

    4. Sayur Godog Betawi

    via diahdidi.com

    Bagi masyarakat betawi tak lengkap rasanya jika ketupat tidak dimakan dengan sayur. Salah satu jenis sayur yang populer saat Idul Fitri adalah sayur godog betawi. Cita rasa sayurnya yang gurih, asin, manis dan sedikit pedas akan semakin melengkapi kenikmatan sajian ketupat Idul Fitri Anda di rumah. (ism) 

    Baca juga:

    Pie Cake, Menu Baru Saat Lebaran

    Ritual Tulus Saat Lebaran

    Tips Mengubah Warna Cat Rumah untuk Lebaran

    Siapa Kira Keramik bisa Jadi Baju Lebaran Secantik Ini

    Saipul Jamil Tawarkan "Open House" Lebaran di Penjara

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES