1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Indra    9 Februari 2015 16:07

    Kisah Mobil Esemka: Kebanggaan yang Dilupakan

    Mimpi mobil Esemka sebagai mobil nasional makin jauh dari harapan.

    Feed - Mobil karya anak bangsa, Esemka, kini kembali menjadi sorotan publik. Bukan karena prestasi, melainkan soal nasib mobil ini yang tak kunjung jelas.

    Isu soal mobil Esemka ini kembali hangat diperbincangakan setelah orang nomor satu Indonesia, Joko Widodo justru berdalih ke produsen mobil negeri tetangga, Proton.

    Hal itu terjadi saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Malaysia untuk meresmikan kerja sama antara perusahaan otomotif Proton dengan PT Adiperkasa Citra Lestari, perusahaan milik Hendropriyono.

    Dampaknya, publik hingga petinggi tanah air mempertanyakan nasib mobil Esemka yang sempat jadi mobil kebanggaan sang Presiden kala itu. Seperti diketahui, Jokowi tak pernah bisa lepas dari mobil Esemka.

    Di masa pencalonan Joko Widodo menjadi gubernur DKI Jakarta, mobil Esemka sering kali disebut-sebut akan dijadikan mobil dinas. Namun setelah terpilih menjadi Presiden, nama beken Esemka kini tenggelam.

    Bagaimana perjalanan awal mobil buatan putra bangsa ini. Berikut selengkapnya.

    1. Mobil rakitan putra bangsa

    via okezone.com

    Mobil Esemka ini lahir dari niat Kementerian Pendidikan untuk mengembangkan potensi siswa-siswa SMK. Dari situ, mobil Esemka mulai dikembangkan.

    Pada awalnya mobil Esemka adalah hasil adopsi dari mobil buatan China, FODAY Explorer 2, yang dijadikan sebagai media objek studi. Langkah itu tidaklah haram dilakukan oleh sebuah perusahaan yang ingin membangun usahanya.

    Hal yang sama dilakukan perusahaan otomotif sekelas dengan mengkaji mobil-mobil buatan Amerika. Di tahun 2009 anak-anak putra bangsa ini berhasil membuat 200 unit mesin yang berkembang hingga 1.000 unit mesin di tahun 2010.

    Perjuangan anak-anak SMK ini tak sia-sia, mobil yang diberi nama Esemka pun mulai berwujud dan mengikuti sejumlah pameran otomotif di beberapa kota besar di Indonesia. Baca selengkapnya Nasib Mobil Esemka.

    2. Jadi mobil kebanggaan Jokowi

    via tempo.co

    Kemuculan mobil Esemka ini rupanya menarik perhatian Joko Widodo yang kala itu menjabat sebagai Wali Kota Solo. Berangkat dari ketertarikan itu, pria yang akrab dipanggil Jokowi berencana menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan operasional Wali Kota dan Wakilnya.

    Saat itu Jokowi tak henti-hentinya mempromosikan mobil buatan putra bangsa. Bahkan ia sempat menaiki mobil Esemka kreasi siswa SMK Warga dan SMKN 2 Solo itu dari Solo ke Jakarta.

    Ketika mau maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, orang banyak yang meminta Jokowi pakai mobil Esemka sebagai mobil dinas Gubernur DKI Jakarta. Bahkan saat terpilih sebagai presiden mengungguli Prabowo, ada yang mengusulkan agar Esemka jadi tunggangan resmi presiden beserta para menteri. Baca selengkapnya Nasib Mobil Esemka.

    3. Esemka akan dibawa ke mana?

    via okezone.com

    Setelah bertahun-tahun bertarung di dunia otomotif, nasib mobil Esemka kian tak jelas setelah munculnya wacana kerja sama Proton dengan PT Adiperkasa Citra Lestari. Mimpi mobil Esemka sebagai mobil nasional pun makin jauh dari harapan. Baca selengkapnya Nasib Mobil Esemka.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES