1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    21 Desember 2015 16:17

    Ini Cara Penanganan Cepat Ketika Anak Terkilir

    Ketika anak terluka karena bermain, cara ini akan sangat membantu.

    Feed- Keseleo pada tangan atau kaki bukan hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga bisa terjadi pada anak-anak. Maklum saja, anak-anak sangat hobi bermain, apalagi di luar rumah yang mengakibatkan ia mudah cedera seperti terjatuh. Salah satu dampak paling sering dari jatuh adalah keseleo atau terkilir.

    Keseleo bisa terjadi ligamen yang terhubung dengan tulang merenggang secara berlebihan saat anak terjatuh atau terpelintir. "Walaupun ligmen anak lebih kuat dibanding orang dewasa, anak-anak sangat berisiko terkilir pada tangan dan kaki," ungkap dr. Margareta Arianni, SpOT (K), saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat dalam acara 'Wrist Arthroscopy', Senin, 21 Desember 2015.

    via www.kidspot.com.au

    Saat si kecil terkilir atau keseleo Anda tak perlu khawatir. Seperti yang di jelaskan dr. Margareta ada beberapa penanganan dini saat anak terkilir.

    1. Kompres dengan es batu dengan cara membungkus bagian kaki atau tangan anak pada bagian organ yang keseleo dengan handuk halus selama 24 jam atau seharian.

    2. Berikan pereda rasa sakit guna meringankan nyeri akibat keseleo yang menimpa anak Anda.

    3. Istirahat total untuk tidak menggerakkan bagian kaki atau tangan anak yang keseleo.

    4. Keseleo dapat menyebabkan demam, berikan obat demam saat anak mengalami hal ini.

    5. Apabila mengalami pembengkakan akibat terkilir, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

    via blog.hippoed.com

    "Jika sudah dikompres namun mengalami pembengkakan, segeralah bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih lanjut seperti menggunakan sinar-X untuk memeriksa adanya penyakit lain yang timbul," tambah dr. Margareta. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Tips Turunkan Panas Anak dari Orangtua Berpengalaman

    Tips Merawat Kulit Bayi agar Putih dan Bersih

    Cara Mendeteksi Kanker Payudara Tanpa Harus ke Dokter

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES