1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    1 Desember 2015 15:00

    Tips Ketika Kulit Terbakar Alat Catok

    Lakukan hal ini ketika Anda terkena lempengan panas dari alat catok atau pengeriting rambut.

    Feed - Sebagai seorang wanita, menjaga penampilan itu penting. Tidak hanya soal busana dan make-up, rambut pun harus ditata sedemikian rupa agar terlihat cantik. Menata rambut juga bisa memberikan tampilan yang berbeda sesuai suasana hati para wanita. Untuk melakukannya, bisa menggunakan catokan atau pengeriting rambut.

    via www.instagram.com

    Menggunakan catokan dan pengeriting rambut biasa dianggap sepele, tetapi ketika sedang terburu-buru bisa saja lempengan panas itu terkena pada kulit. Hasilnya kulit Anda akan melepuh, membengkak, nyeri, dan membuat sel-sel kulit menjadi mati. Anda jangan panik ketika kejadian ini menghampiri Anda. Dengan panduan sederhana, beginilah yang harus Anda lakukan ketika terbakar alat catok/pengerting seperti yang dilansir dari womenshealthmag.com.

    1. Kompres

    via www.medicalnewstoday.com

    Setelah luka bakar terjadi, letakkan handuk yang dibasuh air dingin untuk menyejukkan luka dan meredakan peradangan pada kulit. Jika luka masih terlihat basah pada hari berikutnya, Anda bisa memberikan obat ibuprofen untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.

    Hal yang tidak boleh Anda lakukan yaitu mengompres menggunakan es batu, karena es dapat menempel pada kulit dan bisa membuatnya mengelupas. Mencuci luka bakar pada air dingin yang mengalir juga dapat merusak pertumbuhan kulit, membuat kulit mengelupas, susah untuk mengering, dan meninggalkan bekas yang permanen.

    2. Jaga agar tetap bersih

    via www.wolfmed.com

    Untuk mencegah terjadinya infeksi, oleskan salep anti-biotik pada luka dan balut dengan kain kasa tapi tidak terlalu ketat. Udara yang lembap memungkinkan sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat, membuat kulit tidak kaku, dan mencegah luka berbekas.

    Hal yang jangan Anda lakukan adalah mengupas kulit yang mengeras. Memang luka yang mengering terlihat kotor, tetapi koreng itu penting dalam masa penyembuhan. Lagipula mengelupas koreng dapat membuat infeksi dan luka lama untuk sembuh.

    3. Tetap obati luka setelah kering

    via imgur.com

    Bekas luka pasti akan tertinggal setelah luka itu sembuh. Untuk itu Anda wajib melanjutkan pengobatan setidaknya tiga bulan agar benar-benar sembuh. Anda harus menjauhi produk pelembap kulit seperti lotion karena dapat membuat luka sembuh lebih lama.

    Baca juga:

    3 Bahan Alami Ini Manjur Hapus Bekas Luka

    8 Obat Alami Ini Ampuh Hentikan Kucuran Darah dalam Semenit

     5 Bahan Alami Pemutih Kulit Wanita

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES