1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Juandi    21 September 2015 14:13

    9 Fakta Sejarah Ini Tidak Diajarkan di Sekolah

    Sejarah yang Anda baca tidak selamanya fakta.

    Feed - Mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill pernah menyatakan, "Sejarah ditulis oleh para pemenang." Maka itu wajar jika ada beberapa fakta sejarah yang menarik tapi disembunyikan atau bahkan dipelintir demi kepentingan tertentu. Contohnya adalah deretan sejarah berikut yang dilansir dari viralnova.com. Adakah Anda terkejut dibuatnya?

    1. Karung tepung modis

    via viralnova.com

    Dust Bowl merupakan masa terpuruknya Amerika Serikat di sektor ekonomi, ekologi, dan sektor pertanian yang disebabkan oleh badai debu pada tahun 1930. Jatuhnya ekonomi membuat warga tidak mampu membeli pakaian layak sehingga mereka membuat baju dari karung terigu.

    Untuk memfasilitasi fashion dadakan ini, para produsen terigu menggunakan karung terigu dengan warna-warni yang menarik. Dengan demikian baju yang dihasilkannya pun akan lebih bervariasi.

    2. Einsten menolak jadi presiden

    via viralnova.com

    Albert Einstein ternyata pernah ditawari kursi Presiden di Israel. Dia menolak.

    3. Sidik jari

    via viralnova.com

    Tahukah Anda mengapa alat pemindai sidik jari dibuat? Sejarah mencatat bahwa kedua orang di atas memiliki nama, wajah, postur tubuh, dan dikirim ke penjara yang sama. Untuk membedakannya, maka dibuatlah alat sidik jari tersebut. 

    4. Perang satu jam

    via viralnova.com

    Anglo Zanzibar adalah kejadian perang yang hanya berlangsung hanya 38 menit. Hal ini merupakan perang terpendek dalam sejarah.

    5. Mayat tidak membusuk

    via viralnova.com

    Ada kepercayaan bahwa tokoh suci di agama Katolik tidak busuk. Misalnya, St. Cecilia yang meninggal pada 177 Masehi. Ini merupakan fakta sejarah yang aneh tapi nyata. 

    6. Grigori Rasputin tidak akan mati

    via viralnova.com

    Rasputin mengalami beberapa upaya pembunuhan dalam satu hari pada tahun 1916. Ia ditembak, ditusuk, dan diracuni, oleh beberapa orang berbeda. Tapi ia berhasil bertahan hidup.

    7. Raja Tut

    via viralnova.com

    Uji DNA terbaru menyatakan bahwa orangtua dari Raja Tut adalah saudara kandung. Ini bisa menjadi jawaban atas semua penyakit dan cacat tubuh yang akhirnya dialami sang anak. 

    8. Jendral Hooker

    via viralnova.com

    Selama perang sipil berlangsung, Jenderal Joseph Hooker selalu membawa pelacur untuk seluruh pasukanya. Hal ini dilakukan guna memberi kepuasan seksual untuk mereka. Kebiasaan tersebut akhirnya menempelkan nama sang jenderal dengan pelacur. Maka itulah pelacur kerap disebut 'Hooker' dalam Bahasa Inggris. 

    9. Anna Mae Dickinson

    via viralnova.com

    Anna Mae Dickinson bisa dibilang adalah wanita paling beruntung di dunia. Ia selamat dari tenggelamnya Kapal Titanic, ledakan Hindenburg, pengeboman Pearl Harbor, dan serangan teroris ke Menara Kembar WTC di 9 September 2001. 

    Baca juga:

    Fakta di Balik Makanan Jatuh "Belum 5 Menit" 

    Fakta Menarik Tentang Si Tangan Kidal 

    Fakta Mematikan Tentang Gula

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES