1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Anisha    26 Mei 2016 15:36

    Faedah Luar Biasa Merayakan Ulang Tahun Anak Batita

    Ternyata perayaan ulang tahun itu memiliki nilai positif, di antaranya...

    Feed.merdeka.com - Para orangtua biasanya senang merayakan ulangtahun anaknya pada saat usianya baru menginjak satu tahun. Namun, pentingkah merayakan ulahtahun bagi anak yang baru usia nol hingga tiga tahun?

    "Merayakan ulang tahun memang hanya sebuah perayaan untuk mengucap syukur. Perayaan ini pun dapat menjadi fondasi awal si anak menjadi percaya diri hingga ia dewasa," ujar Fathya Artha Utami, M.Psi, psikolog muda saat ditemui dalam peluncuran buku Anti Panik Mengasuh Anak 0-3 tahun karya Tiga Generasi' di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Mei 2016.

    Merayakan ulang tahun membuat anak merasa dihargai oleh orangtua dan lingkungan sekitar. Hal menjadi pembentukan karakter dan kepercayaan diri si anak. Selain itu, lingkungan meriah dengan orang-orang baru akan mengajarkan anak untuk berinteraksi sosial.

    Ilustrasi anak
    © 2016 feed.id/www.potterybarnkids.com

    "Sebenarnya merayakan ulang tahun sebaiknya pada usia dua hingga tiga tahun. Pada usia tersebut si anak sudah mengerti dan menikmati acara ulang tahun," tambah Fathya.

    Namun, terkadang orang tua tidak memikirkan kenyamaan si kecil saat mengadakan acara ulang tahun. "Maksimal waktu perayaan satu jam agar durasi tidak terlalu lama, tempat yang nyaman dan aman, seperti bebas asap rokok, jangan terlalu ramai, jangan pada waktu jam tidur anak," ungkap Fathiya.

    Selain itu jika pesta ulang tahun terlalu ramai, anak-anak akan merasa tidak nyaman karena banyak orang yang belum mereka kenali. Berakibat si kecil akan mudah lelah dan menangis. Jadikan anak pusat perhatian, untuk itu sebaiknya hanya mengundang rekan dekat saja.

    Baca juga:

    Lama Tak Terlihat Inneke Koesherawati Sibuk Urus Dua Anaknya

    Mengejutkan, 5 Lokasi Anak Melakukan Hubungan Seksual

    Cara Asyik Si Mama Cantik BCL Mengasuh Anak

    Cara Jenaka Ringgo Agus Mengasuh Anak, Dijamin Buat Tertawa!

    Video Anak Sheila Marcia Menangis, Bikin Hati Siapapun Luluh

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES