1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. E
  6.  » 
  7. ENTERTAINMENT


  8. Reporter : Indra    9 Februari 2015 14:05

    Deretan Biduan Istana Presiden

    Salah satu di antaranya pernah menjadi penyanyi istana selama 19 tahun.

    Feed - Setiap penyanyi mungkin punya keinginan besar untuk bisa tampil di hadapan presiden di Istana Merdeka. Sayangnya, dari ribuan penyanyi jagoan tanah air hanya sedikit yang ditunjuk langsung orang nomor satu itu untuk menyanyi di hadapannya.

    Dari tiap periodenya, biduan dalam istana ini selalu silih berganti. Bahkan salah satu diantaranya pernah menjadi penyanyi istana selama 19 tahun. Siapa saja mereka?

    1. Yuni Shara

    via palingaktual.com

    Wanita yang punya nama lahir Wahyu Setyaning Budi ini sudah menjadi penyanyi di istana presiden selama 19 tahun. Kakak kandung Krisdayanti itu melantunkan lagu demi lagu sejak zaman masih ada Ibu Tien, Habibie, Gus Dur, Megawati, sampai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

    Pada saat itu Yuni merupakan penyanyi di istana yang paling muda. Seperti penyanyi kebanyakan, ibu dari dua anak itu juga sempat gugup ketika tampil perdana di istana, bahkan sempat salah kostum. Baca selengkapnya Para Penyanyi Istana Presiden.

    2. Sundari Untinasih Soekotjo

    via kapanlagi.com

    Sejak zaman Soeharto, Habibie, hingga SBY, Sundari kerap kali diundang untuk menyanyi di istana. Wanita yang khas dengan kebayanya ini selalu melantunkan lagu keroncong hingga ia dijuluki sebagai “Dewi Keroncong”. Baca selengkapnya Para Penyanyi Istana Presiden.

    3. Titiek Puspa

    via bisnis.com

    Artis kawakan kelahiran 1 November 1937 ini juga pernah menjadi biduan istana di era Bung Karno. Hal yang paling berkesan bagi wanita bernama asli Sudarwati ini adalah saat diajak Presiden pertama Indonesia itu tur keliling Amerika, Eropa, dan Asia hingga 40 hari. Dia mengaku sangat beruntung karena dipilih sebagai salah satu penyanyi istana.

    Tak hanya sekedar menyanyi di negeri sendiri, di sela waktu lain, dia juga kerap kali terlibat dalam kunjungan kenegaraan dan menjadi pengisi acara. Baca selengkapnya Para Penyanyi Istana Presiden.

    4. Yosephine Sudarti

    via inilahblitar

    Yosephine Sudarti merupakan satu penyanyi istana di zaman Presiden Soekarno. Ketika itu Sudarti menyanyi saat pusat pemerintahan Indonesia bertempat di Yogjakarta sekitar tahun 1947.

    Saat terpilih menjadi penyanyi istana, Sudarti masih duduk di bangku kelas 3 SMP Steladuce, Yogjakarta. Tugasnya sebagai biduan dijalaninya dengan sepenuh hati. Sudarti tidak merasa bosan lantaran selain menyalurkan bakat seninya, dia bisa melihat secara langsung Presiden Soekarno menerima tamu dari berbagai negara. Baca selengkapnya Para Penyanyi Istana Presiden.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES