1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    25 November 2014 12:50

    Danau-danau 'Ajaib' Destinasi Unik di Indonesia

    Negeri dengan beribu pulau dengan beribu keindahan yang tersembunyi. Inilah Indonesia, bumi yang kondang disebut sebagai zamrud khatulistiwa, tempat segala hewan dan pemandangan yang elok bersemayam. Lihat di sini.

    Feed.merdeka.com - Berlibur ke pantai atau pulau sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Menyelam, berenang bersama ikan, masih di alam bebas, tetapi bukan di laut lepas, masih minoritas gaungnya di Indonesia.  
     
    Seperti diketahui, negeri ini tanpa disadari memiliki puluhan danau ajaib dari kebesaran Tuhan YME. Keberadaan danau-danau ajaib tersebar dipenjuru Sabang hingga ujung Merauke.
     
    Meski beberapa danau tidak dapat disentuh langsung dengan tangan kejernihan airnya, wisatawan masih dapat melihat dengan telanjang mata keunikan, serta keindahan panorama di sekitar danau. Dataran tinggi dan dataran rendah menjadi tempat danau-danau di Indonesia terbentuk.
     
    Danau-danau ajaib di penjuru Indonesia:
     
    1.Danau Toba, Prapat, Sumatera Utara
     
    Danau Toba, danau terbesar di Indonesia ini terbentuk sejak 73.000-an tahun lalu dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau Toba berada di dataran tinggi Sumatera Utara bagian tengah selatan dari Kota Medan. Butuh waktu 2 hingga 3 jam dari Kota Medan menuju Prapat, Toba. Luas danau ini dilengkapi dengan keindahan lain yaitu Pulau Samosir yang berada tepat di tengah Danau Toba.
     
    Udara sejuk dan sudah pasti dingin membuat danau ini semakin diburu wisatawan domestik dan mancanegara. Beberapa permainan dan olahraga air tersedia di danau ini. Dari perahu genjot bentuk bebek hingga jet ski pun tersedia bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin di Danau Toba, atau hanya ingin telusuri tiap sudut danau dari atas air.
     
    Dari tahun ke tahun kehidupan masyarakat sekitar danau bagian Prapat terlihat semakin ramai. Untuk penginapan, jangan khawatir jika berlibur ke Prapat karena banyak hotel atau cottage siap menampung anda selama di sana. Begitu juga dengan kuliner, bagi muslim jangan panik dengan tempat mayoritas nasrani. Rumah makan masakan halal sudah bayak tersedia saat ini.
     
    2. Danau Sentani, Papua
     
    Tak kalah indah dan memiliki  luas tidak sederhana, bagian Timur Indonesia juga dihiasi oleh danau seluas sembilan hektar yaitu Danau Sentani. Ditemani tingginya Gunung Cyclops di bagian utara, Danau Sentani bak merepresentasikan bentuk negara Indonesia.
     
    Panorama biru air danau dengan suasana sunyi, Danau Sentani juga dikelilingi 22 pulau yang siap menarik perhatian wisatawan. Letak geografis Danau Sentani memiliki cerita tersendiri bagi warga setempat. Danau Sentani bagi sebagian warga menjadi lahan untuk mengais uang dengan memperdayakan ikan-ikan yang hidup di dalam danau.
     
    Dan untuk tempat penginapan, Danau Sentani sudah cukup maju untuk menjamu wisatawan. Beberapa hotel ternama telah berdiri di sana dan siap melayani anda untuk menikmati alam Papua.
     
    3.Danau Tiga Warna Kelimutu,  Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT)
     
    Usai dari Indonesia bagian timur, jika ditarik kembali ke bagian tengah, tepatnya di Flores, NTT, anda akan melihat keajaiban Indonesia penuh dengan cerita mistis. Danau Kelimutu, danau warna-warni merupakan bagian dari Gunung Kelimutu. 
     
    Terdapat tiga danau bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo, Tiwu Ata Mbupu dengan luas sekitar 1.051.000 meter persegi dan volume air 1.229 juta meter kubik. Lalu, kemiringan dinding mencapai 70 derajat dengan ketinggian 50 hingga 150 meter.
     
    Biasanya tiga danau ini terdiri dari warna biru (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai), biru (Tiwu Ata Polo) dan hitam (Tiwu Ata Mbupu), Danau Kelimutu dikenal sebagai danau yang dapat berubah warna lain. Bahkan, dari kepercayaan warga asli Flores ada beberapa kisah. Kisah diantaranya ialah bahwa Danau Kelimutu merupakan danau yang dihuni oleh roh. Lalu, waktu berkunjung kesana sebaiknya pada bulan Juli dan Agustus, terkait cuaca.
     
    Adanya kisah mistis dari tiga danau ini, maka keajaiban dan super keindahan Danau Kelimutu membuat danau-danau ini tak pernah tersentuh oleh banyak tangan manusia. Walaupun, ada beberapa informasi bahwa perubahan warna danau ini juga telah dipelajari lewat ilmu pengetahuan.
     
     
    4.Danau Batur, Bali
     
    Danau Batur di Kintamani,Pulau Dewata, Bali saat ini dikenal sebgai danau yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Geopark Network alias Taman Bumi. Letak Danau Batur cukup jauh dari Ibu Kota Bali, Denpasar. Jarak tempuh 65 kilometer harus ditempuh wisatawan dari Denpasar ke Danau Batur, Kabupaten Bangli.
     
    Berada di Pulau Dewata, Danau Batur terikat dengan kebudayaan masyarakat Bali pemeluk Agama Hindu. Danau Batur biasanya merupakan tempat penyimpanan jasad masayakat Bali yang belum memiliki biaya untuk upacara pembakaran mayat.
     
    Namun, keberadaan mayat-mayat itu berada di tempat tertentu Danau Batur. Wisatawan masih bisa merasakan keindahan alam dan sejuknya udara dingin dataran tinggi Kintamani.
     
    5.Danau Maninjau, Sumatera Barat
     
    Danau ajaib lainnya ialah Danau Maninjau di Sumatera Barat. Danau ini terkenal dengan kesunyiannya dan dianggap cocok untuk tempat melarikan diri dari ricuhnya, kebisingan kota. Destinasi wisata satu ini bakal membuat anda pulang dengan lemak bertambah karena masakan Padang tersedia di daerah ini pastinya.
     
    Resort Maninjau pun siap melayani wisatawan dengan panorama luar biasa.
    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES