1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Wens    5 Februari 2015 12:49

    Daftar "Sakit Hati" Indonesia pada Malaysia

    Bukan pertama kalinya Indonesia berselisih dengan tetangganya itu.

    Feed - Kreativitas membuat dua negara, Indonesia dan Malaysia, kembali bersitegang. Karya yang dimaksud adalah iklan robot pembersih dengan tagline "Fire Your Indonesian Maid Right Now".

    via detik.com

    Hanya karena iklan seperti ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mempertimbangkan Tuntutan HukumIni bukan pertama kalinya Indonesia marah dengan Malaysia. Berikut daftar yang membuat bangsa ini sakit hati dengan tetangganya itu.

    1. Penyiksaan TKI
    Ini bukan berita baru lagi. Setiap bulannya masyarakat Indonesia pasti mendapat kabar ada TKI yang disiksa, dipukul, tidak dibayar gajinya, bahkan tewas. TKW Disiksa di Malaysia, Gigi Dicabut Organ Vital Dirusak

    via www.kompas.com

    2. Rasa Sayange
    Produk budaya Indonesia, lagu Rasa Sayange, pernah digunakan sebagai theme song Departemen Pariwisata Malaysia untuk mempromosikan kepariwisataan Malaysia, sekitar bulan Oktober 2007.

    Menteri Pariwisata Malaysia Adnan Tengku Mansor mengatakan bahwa lagu Rasa Sayange merupakan lagu kepulauan Nusantara (Malay archipelago). Namun, Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu bersikeras lagu Rasa Sayange adalah milik Indonesia karena ia merupakan lagu rakyat yang telah membudaya di provinsi Maluku sejak leluhur. Jejak Budaya Rasa Sayange Lihat di Sini

    3. Tari Tor-Tor dan Gondang Sembilan
    Produk budaya lain yang sempat diperebutkan adalah Tari Tor-Tor dan dan tarian Gordang Sembilan (Gondang Sembilan). Ditegaskan oleh Togarma Naibaho, pendiri Sanggar budaya Batak, Gorga, kata "Tor-tor" berasal dari suara entakan kaki penarinya di atas papan rumah adat Batak. Kenali Tor-Tor di Tautan Ini.

    via www.kapanlagi.com

    4. Manohara Pinot
    Tahun 2009, model blasteran Indonesia - Perancis, Manohara Odelia Pinot, menjadi tenar di Indonesia setelah ibu kandungnya melaporkan penyiksaan yang dialami sang anak.

    Manohara yang menikah dengan Pangeran Kelantan Malaysia, Tengku Muhammad Fakhry, diduga disekap dan mendapat perlakuan kekerasan. Lebih lengkap Mengenai Penyiksaan yang Diterima Manohara di Sini. 

    via www.bola.viva.co.id

    5. Sepakbola AFF 2010
    Pada final leg pertama Piala AFF 2010 yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Indonesia sebagai tim tamu kalah telak 3-0. Pertandingan berjalan panas setelah kiper Indonesia, Markus Horison, komplain karena ada laser yang diarahkan ke matanya.

    Sesaat sebelum pertandingan berakhir, ada kembang api yang diarahkan ke tengah lapangan. Lihat Perayaan Suporter Malaysia pasca Kalahkan Indonesia.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES