1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    26 Agustus 2016 11:21

    Begini Cara Tepat Atasi Saraf Terjepit

    Jangan terlambat obati saraf terjepit, karena.....

    Feed.merdeka.com - Penyakit Herniasi Nukleus Pulposus (HNP) atau yang lebih dikenal dengan sebutan saraf terjepit bisa terjadi pada siapa aja. Saraf terjepit bisa terjadi di bagian leher, punggung, lengan atau bagian tubuh lainnya dengan rasa yang sangat menyakitkan.

    Saraf terjepit terjadi saat jaringan di sekitarnya seperti tulang, tulang rawan, tendon, atau otot terperangkap atau tertekan secara abnormal pada saraf. Ada tiga komponen yang bisa dirasakan jika saraf terjepit, yaitu motorik, sensorik, serta rasa.

    "Gejala tergantung di mana letak terjepitnya, seperti jika di pinggang akan merasa sakit dan kesemutan menjalar pada kaki. Atau ketika saraf terjepit pada bagian leher, kesemutan hingga tangan. Jika hanya sakit pinggang saja itu bukan saraf terjepit. Karena ciri saraf terjepit sakit dan kesemutannya menjalar," ujar dr. Harmantya Mahadhipta Sp.OT saat ditemui dalam acara 'Orthopaedic Update in Surgery' RS Premier Jatinegara & RS Premier Bintaro, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. 

    Hasil gambar untuk saraf kejepit

    Selain itu, mudah tersandung dan tidak kuat mengangkat atau memegang barang ialah gejala saraf terjepit. Bila tidak segara disembuhkan, saraf terjepit akan lebih sulit untuk diobati.

    "Sebaiknya segera melakukan pengobatan. Jangan didiamkan, biasanya masyarakat menyepelekan gejala sakit saraf terjepit, seperti contoh jempol kaki yang tidak bergerak dibiarkan, berharap akan sembuh. Padahal lama kelamaan malah tidak bisa gerak semua," tambah dr. Harmantya.

    Ia menyarankan untuk mengobati saraf terjepit dengan Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD), teknik terbaru untuk operasi pembedahaan minimal invasive spine surgery atau MISS dengan cara menusukkan jarum ke kulit yang ditujukan ke disc, kemudian diberikan energi dari laser. Hasilnya disc akan mengecil atau mengerut sehingga jepitan pada saraf dapat terbebas.

    "Tindakan tersebut sangat aman karena tidak memerlukan pembiusan total melainkan hanya biuasan lokal yang ditemptakan pada jarum yang akan ditusukan. Bahkan operasi ini hanya membutuhkan waktu sehari, setelah operasi Anda pun bisa langsung pulang," ujarnya.

    Baca juga:

    7 Makanan Super Penjaga Tulang Agar Tetap Kuat

    Ternyata Menikah Dapat Menyehatkan Tulang

    Perjuangan Bayi Tanpa Tulang Tengkorak Ini Tepis Ramalan Dokter

    Supernya Bayam, Jaga Kesehatan Tulang Hingga Jantung

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES