1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Anisha    2 Desember 2015 10:47

    Bahan Paling Alami Untuk Mengusir Ketombe

    Selain shampo bahan rumahan dapat mengusir ketombe membandel

    Feed- Ketombe adalah masalah rambut yang paling sering dialami. Banyak produk rambut yang menawarkan menghilangkan ketombe. Namun, produk rambut tersebut dikemas dengan bahan kimia yang justru membahayakan rambut Anda.

    Ketombe pada dasarnya adalah penumpukan sel-sel kulit yang telah jatuh tempo dan kering terlalu cepat. Ia dapat menyebabkan gatal-gatal dan meninggalkan serpihan yang tidak sedap dipandang pada garis rambut. Tapi tak perlu khawatir, Ada beberapa bahan alami yang ampuh menyingkirkan ketombe seperti yang dilansir sheknows.com, simak ulasannya.

    1. Cuka sari apel

    via: newhealthadvisor.com

    Cuka sari apel memiliki banyak manfaat mengejutkan, salah satunya adalah sebagai pengobatan ketombe, kulit ketombe kering, serta kulit kepala gatal. Anda hanya cukup mencuci rambut dengan shampo biasa kemudian bilas dengan mencampur cuka sari apel, lalu tuangkan pada rambut Anda. Biarkan selama lima belas menit, setelah itu bilas dengan air.

    2. Baking soda

    via: merdeka.com

    Baking soda adalah bahan alami yang bertindak sebagai fungisida sehingga baik untuk menghilangkan ketombe. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu cangkir air hangat kemudian taruh di botol. Kocok botol tersebut agar tercampur dengan baik, sebaiknya gunakan sekali sehari. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary agar lebih harum.

    3. Fenugreek

    via: isfea.in

    Fenugreek adalah sebuah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dan berfungsi menyingkirkan ketombe. Tanaman ini kaya akan protein dan asam amino. Cukup dengan mencampurkan tiga sendok makan biji fenugreek bubuk halus dengan yogurt murni dan buat menjadi pasta, aduk rata, dan rendam semalam. Oleskan pasta sekali dalam seminggu biarkan selama sepuluh menit, kemudian bilas.

    4. Minyak pohon teh

    via: top10homeremedies.com

    Mungkin minyak pohon teh terdengar asing di telinga Anda, namun minyak tersebut ampuh menghilangkan ketombe. Minyak yang diekstrak dari daun tanaman pohon teh memiliki sifat fungisida yang dapat membantu gatal agar kulit tidak teriritasi.

    Tuangkan satu sendok makan minyak pohon teh ke dalam cangkir yang berisi air hangat, kemudian campur di dalam botol. Gunakan sampo seperti biasa, lalu campurkan minyak pohon teh di rambut Anda. Pijat dengan lembut kulit kepala, kemudian diamkan beberapa menit, setelah itu bilas.

    5. Garam

    via: planet-science.com

    Menurut Readers Digest, menggosok garam ke kulit kepala Anda yang kering sebelum keremas sangat baik untuk menghilangkan ketombe. Pijat kulit kepala dengan garam kemudian keramas seperti biasa.

    Baca Juga:

    Model Rambut Ini Membuat Anda Awet Muda

    Jangan Sembarang Creambath, Kenali Dulu Jenis Rambut Anda

    Rambut Indah Nikita Willy Ternyata..

    Panduan Keramas Sesuai Jenis Rambut

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES