1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    19 Desember 2015 14:00

    Apakah Kopi Sisa Pagi Aman Dikonsumsi di Sore Hari?

    Bukankah ini sudah menjadi kebiasaan para pecinta kopi, minum sedikit lalu ditinggal hingga sore hari?

    Feed - Sudah menjadi kebiasaan bagi para pecinta kopi untuk menyeruput sedikit kopi di pagi hari lalu beraktivitas seperti biasa. Kopi itu kemudian didiamkan selama berjam-jam sebelum akhirnya habis di sore hari. Timbul pertanyaan menggelitik, apakah kopi sisa itu aman dikonsumsi di pagi hari?

    Dikatakan oleh pakar mikrobiologi dan peneliti lingkungan University of Arizona’s School of Public Health, AS, Charles Gerba, bahwa kopi hitam aman dikonsumsi meski sudah ditinggal beberapa jam. Tapi beda ceritanya jika Anda menuangkan tambahan susu ke dalamnya.

    Sebab, aturan sehat menyatakan bahwa susu yang sudah keluar dari mesin pendingin, tidak aman dikonsumsi setelah lebih dari dua jam. Meski demikian, mikrobial dalam susu itu sendiri bisa ditangkal oleh kopi hitam."Kafein (dalam kopi) itu sendiri sudah menjadi semacam anti-mikrobial," kata Gerba seperti dikutip dari safebee.com.

    Namun jika Anda menggunakan susu mentah yang tidak mengalami proses pasteurisasi, maka ada risiko kontaminasi kesehatan. Demikian dipaparkan Fernanda Haffner, seorang peneliti dari ilmu kimia dan makanan dari University of Lorraine, Perancis. Susu yang masuk ke dalam kopi Anda juga harus berasal dari kulkas dan jangan sampai berada di suhu ruangan lebih dari dua jam. 

    Hal lain yang harus diperhatikan adalah kopi yang sudah lama ditinggal akan mengalami perubahan rasa. Sebab, air mulai menguap dari akan ada cecap yang agak berbeda dari kopi kesayangan Anda. 

    Baca juga:

    Ampas Kopi Ternyata Bisa Jadi Senjata Ampuh Lawan Nyamuk

    Secangkir Kopi Memberi Anda 5 Keuntungan Hidup Sebagai Berikut

    Jangan Minum Kopi Pada Jam Ini

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES