1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    28 Agustus 2015 11:59

    Ajaib, Pilar Candi Ini Melayang

    Dari 70 pilar yang kokoh menopang bangunan, terdapat satu pilar yang konstruksinya nyaris tidak menyentuh tanah.

    Feed - Ada yang menarik dari sebuah bangunan bersejarah di desa kecil, Lepakshi di distrik Anantapur, Andhra Pradesh, India. Kuil atau Candi Veerabhadra namanya. Bangunan yang juga dikenal sebagai Candi Lepakshi ini terkenal dengan teknik bangunannya yang mengagumkan. Maklum, bangunan tersebut sudah berdiri sejak abad ke-16 dengan gerombolan patung dewa-dewi sebagai pemanisnya.

    Candi ini dibangun dengan gaya khas arsitektur Wijayanagara. Maka tak heran jika pengunjung yang datang disambut oleh ratusan lukisan di seluruh dinding, kolom, hingga langit-langit yang menggambarkan cerita dari epos Mahabharata, Ramayana, dan Purana.

    via versesofuniverse

    Uniknya, bangunan yang juga dikenal dengan sebutan Candi Lepakshi itu tak hanya bicara soal estetika. Dari 70 pilar yang kokoh menopang bangunan, terdapat satu pilar yang konstruksinya nyaris tidak menyentuh tanah alias menggantung atau melayang.

    Banyak pengunjung yang dibuat bingung dari satu pilar ajaib tersebut. Bahkan, insinyur asal Inggris pun dibuat frustasi dan mencoba mengungkapkan rahasia bagaimana pilar itu bisa berdiri tegak tanpa merusak secuil pun dari keindahan bangunan secara keseluruhan.

    via versesofuniverse

    Pilar melayang tersebut meyisakan rongga yang bisa dilewati objek seperti selembar kertas atau sepotong kain dari satu sisi ke sisi lain. Dengan keunikannya itu, Desa Lepakshi semakin menggiurkan untuk dijadikan destinasi jempolan untuk memperdalam pengetahuan soal wiracarita Ramayana India.

    Baca juga:

    Rupa Bangunan Futuristik Penangkal Bencana

    12 Rumah Terpencil Paling Spektakuler, Cocok Untuk Para Pencari Ketenangan

    Deretan Rumah Seleb Ini Kelewat Mewah, Dijamin Bikin Iri!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES