1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    5 Mei 2015 13:01

    5 Negara Terkecil di Dunia, Bisa Dijelajahi Dalam Sehari

    Salah satunya ada di atas laut, punya luas wilayah 1,6 kilometer per segi bekas benteng Perang Dunia II.

    Feed - Tak perlu punya luas dan batas wilayah yang besar untuk menjadi sebuah negara. Wilayah ini diproklamirkan sebagai negara hanya dengan luas wilayah tak lebih dari 44 hektar. Bahkan salah satunya ada di atas laut, punya luas wilayah 1,6 kilometer per segi bekas benteng Perang Dunia II.

    1. Sealand

    via miglioverde.eu

    Sekilas, tempat ini akan tampak seperti sebuah sarana pengeboran minyak tua. Namun, yang ada lihat itu merupakan sebuah negara. Sealand namanya.

    Letaknya ada di 9,6 kilometer dari lepas pantai Suffolk, Inggris. Negara ini hanya memiliki seluas 1,6 kilometer per segi bekas benteng Perang Dunia II. Tak ada rumah, sarana transportasi, bahkan wahana hiburan.

    Negara ini hanya terdiri dari dua menara beton yang terhubung oleh sebuah landasan besi beberapa kilometer dari Felixstowe, di perairan internasional.

    2. Liberland

    via vice.com

    Negara kecil ini bernama Liberland yang diapit oleh dua negara, Kroasia dan Serbia. Negara ini hanya memiliki luas 8 km. Tidak ada bangunan dan hanya dijubeli pepohonan dan ladang.

    Sesuai dengan undang-undang dasar negara ini, semua orang bisa menjadi warga negara kecuali mereka yang punya masa lalu terkait dengan kelompok komunis, Nazi, atau kelompok lain yang punya catatan kejahatan.

    3. Vatikan

    via seriat.net

    Ini merupakan negara terkecil di dunia. Luasnya hanya 44 hektar dengan penduduk sekitar 1000 orang.

    Uniknya, sumber pemasukan negara ini didapat dari penjualan perangko dan suvenir, tiket masuk museum, serta penjualan buku atau publikasi lain.

    4. Monako

    via telegraph.co.uk

    Luas negara ini hanya 2,02 km persegi. Meski berstatus negara berdaulat, tetapi untuk urusan pertahanan negara mikro ini masih menjadi tanggung jawab Perancis.

    5. Nauru

    via cnn.com

    Dulunya negara ini dikenal sebagai Pulau Pleasant. Tetapi, sejak 31 Januari 1968 wilayah ini menjadi sebuah negara berdaulat bernama Republik Nauru. Republik Nauru adalah sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik. Luasnya hanya 21 km persegi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES