1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Denisa    2 Maret 2015 16:45

    12 Sayuran dan Buah Paling Banyak Mengandung Pestisida (II)

    Waspada sejak dini agar stamina tubuh tetap terjaga.

    Feed - Mengonsumsi panganan sehat seperti sayur juga harus memperhatikan kandungan berbahaya di dalamnya. Apalagi sayuran itu mengandung zat kimia berbahaya seperti pestisida yang bisa memicu kerusakan organ.

    Hal ini telah diperingatkan oleh sebuah persusahaan nirlaba bernama Environment Workiing Group (EWG) di Amerika Serikat. Baca selengkapnya Macam Sayuran dan Buah Mengandung Pestisida via cnnindonesia.com. Berikut ini daftar 12 sayuran dan buah mengandung pestisida dari penelitian EWG dan enam di antaranya ada di tautan ini.

    7. Seledri

    via merdeka.com

    Seledri termasuk juga jenis sayuran yang cukup banyak mengandung pestisida.

    8. Anggur

    via photobucket.com

    Anggur dengan rasa manis asam ini memiliki kandungan tinggi pestisida mencapai angka 15.

    9. Strawberi

    via argotea.com

    Stroberi, buah mirip tomat ceri ini juga bisa memiliki 13 jenis pestisida berbeda.

    10. Nectarinesa

    via westchestermagazine.com 

    Nectarinesa merupakan buah yang mirip buah persik dengan daging buah lebih padat, lembut, serta kulitnya lebih tipis dan berwarna cerah. Penelitian dari tiap sampel menghasilkan temuan 97 persen positif mengandung setidaknya dua jenis pestisida berbeda.

    11. Persik

    via edibleblog.com

    Penelitian untuk buah persik setidaknya ditemukan satu jenis pestisida.

    12. Apel

    via ahlinyaasamlambung.web.id

    Kadar pestisida dalam buah apel seperti penelitian di tahun-tahun sebelumnya, dari yang diteliti saat ini juga ditemukan 99 persen mengandung satu jenis pestisida.

    Bahaya pestisida

    Terkait bahaya pestisida, sayangnya para petani di Jawa Tengah masih banyak yang menggunakannya tanpa menghiraukan dampak bahaya pestisida tersebut. Sebuah survei dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan dari 217 petani yang dijadikan contoh penelitian, hanya 15 orang atau sekitar tujuh persen saja yang bebas keracunan pestisida.

    Diketahui, sebanyak lima orang petani mengalami keracunan berat (2,3 persen), 120 orang keracunan sedang (55,3 persen) dan 77 orang keracunan ringan (35,5 persen). Baca selengkapnya Bahaya Pestisida via voaindonesia.com.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES