TODAY TAGS
  1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    12 Mei 2015 09:48

    10 Tanda yang Memungkinkan Anda Mengidap Penyakit Ginjal

    Waspada, jangan sepelekan gejala ini.

    Feed - Amerika Serikat memiliki lebih dari 26 juta orang dewasa yang hidup dengan penyakit ginjal. Mirisnya, hampir 90 persen dari mereka tidak mengetahui tanda tanda penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan orang-orang dengan penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejala sampai tahap yang paling parah.

    Seperti dikutip huffingtonpost.com, berikut adalah sepuluh tanda-tanda yang memungkin Anda memiliki penyakit ginjal.

    Anda lebih lelah dan sulit berkonsentrasi

    via detik.com

    Penurunan berat pada fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini akan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh. Anda akan merasa lebih lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Tak hanya itu, penyakit ginjal juga bisa membawa Anda untuk menderita anemia yang juga dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

    Anda mengalami kesulitan tidur

    via ausfp.com

    Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun akan menetap di dalam darah. Hal itu bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Penyakit ginjal punya hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, bahkan apnea tidur akan lebih sering terjadi pada orang-orang mengidap penyakit ini.

    Anda memiliki kulit kering dan gatal

    via simplphpcodes.com

    Ginjal yang sehat bisa bekerja menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel-sel darah merah, menjaga tulang kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dari dalam darah.

    Kulit kering dan gatal dapat menjadi tanda dari penyakit kurangnya mineral. Bila ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan yang tepat dari mineral dan nutrisi dalam darah, makan Anda akan mengalami kulit kering.

    Buang air kecil lebih sering

    via wonderhowto.com

    Sering buang air kecil terutama pada malam hari bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, dapat menyebabkan peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

    Kencing berdarah

    via healthtap.com

    Ginjal yang sehat adalah ginjal yang bisa menjaga sel-sel darah dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk membuat urin. Namun, ketika ginjal rusak, sel-sel darah ini bisa "bocor" keluar ke dalam urin. Selain tanda penyakit ginjal, kencing berdarah juga dapat menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

    Urin berbusa

    via physicsworld.com

    Gelembung berlebihan dalam urin terutama saat Anda menyiram toilet bisa menunjukkan protein dalam urin. Protein yang umum ditemukan dalam air seni adalah albumin, protein yang sama seperti dalam telur.

    Anda mengalami bengkak di sekitar mata

    via s2astudio.com

    Protein dalam urin merupakan tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak yang memungkinkan protein bocor ke dalam urin. Bengkak di sekitar mata Anda bisa diakibatkan karena sejumlah protein dalam urin mengalami kebocoran.

    Pergelangan kaki dan kaki bengkak

    via healthyfoodhouse.com

    Fungsi ginjal dapat menurunkan menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kronis pada kaki.

    Nafsu makan yang buruk

    via andhrabuzz.com

    Ini adalah gejala yang sangat umum. Tapi penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebab.

    Mengalami kram otot

    via beautyheaven.com.au

    Ketidakseimbangan elektrolit dan kram dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan kram otot.

    Baca juga: Penyebab Sakit Punggung yang Tak Pernah Anda Duga

    Penjelasan Ilmiah Gelitik Penyebab Tawa

    10 Kemungkinan Penyebab Kiamat (II)

    WHAT DO YOU THINK?